mengunci wifi indihome

MUDAH! Begini Cara Mengunci Wifi Indihome

Swakarta.com – Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya mengunci WiFi IndiHome agar tidak bisa dibobol sembarangan oleh sembarang orang yang tidak bertanggung jawab. Penasaran caranya?, Kamu bisa menyimak caranya berikut ini.

Cara Mengunci WiFi IndiHome Tidak Dibobol

1. Gunakan Password yang Kuat

Salah satu cara yang paling ampuh ketika mengamankan koneksi WiFi kamu supaya tidak mudah ditembus atau dibobol orang lain dengan mudah yaitu dengan menggunakan password yang kuat dan juga unik. Perlu kamu ingat, jangan pernah gunakan tanggal lahir kamu atau password yang mudah untuk di tebak orang lain.

✅ BACA JUGA:   Cara Memasukan Kode Voucher XL yang Gagal dengan Mudah

Pilihlah sebuah password yang terbilang sulit untuk diingat oleh orang lain, namun mudah untuk kamu ingat oleh diri sendiri. Password yang kuat biasanya dengan menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan juga angka.

2. Gunakan Enkripsi WPA2

Nah, kalau kamu tidak mau koneksi WiFi semakin tidak stabil dan mengganggu kenyamanan kamu ketika bekerja, membuat tugas atau bahkan ketika menonton video bahkan film favorit pada di situs tertentu, gunakanlah enkripsi WiFi Protected Access atau WPA2 untuk mengamankan Wifi kamu dari tangan-tangan jahil.

Selain menggunakan WPA 2, kamu juga bisa menggukan enskripsi lain seperti WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WPA pada generasi sebelumnya. Namun, pada saat ini, WiFi Protection Access 2 atau WPA2 adalah metode pengamanan pada jaringan yang dinilai orang paling aman untuk digunakan. Jadi, kalau kamu tidak mau dibobol orang, pastikan WiFi kamu sudah menggunakan standar pengamanan ini.

✅ BACA JUGA:   Cara Berhenti Langganan Kartu Halo!

3. Ganti SSID Jaringan WiFi

Cara yang lainnya adalah kamu bisa mengganti Service Set Identifier (SSID) jaringan WiFi kamu, supaya terhindar dari pembobola. SSID adalah sebuah nama dari jaringan WiFi yang kamu gunakan. Nah, supaya WiFi kamu tidak dibobol oleh orang, maka kamu gunakanlah nama SSID WiFi yang unik.

4. Matikan Fitur WPS

Cara yang selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan Mematikan fitur WiFi Protected Setup atau WPS dari jaringan WiFi kamu, hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah jaringan WiFi yang kamu pakai tidak mudah dibobol oleh orang lain. WPS adalah sebuah sistem keamanan di jaringan WiFi yang bisa kamu digunakan untuk menghubungkan router dengan HP atau laptop.

✅ BACA JUGA:   15 Cara Sinkronisasi Tab Pada Berbagai Browser Dengan Mudah

Penggunaan WPS bisa membuat seseorang yang ingin membobol jaringan WiFi kamu, hanya dengan menggunakan aplikasi tanpa perlu memasukkan password. Jadi, sebaiknya kamu matikan fitur WPS ini jika kamu ingin jaringan WiFi IndiHome kamu tetap aman.

5. Mem-block MAC Address

Dengan memblokir MAC Address juga bisa kamu lakukan supaya jaringan WiFi kamu tidak mudah dibobol oleh orang lain. MAC Address adalah alamat dari jaringan atau ‘kode unik’ yang umumnya ada di device seperti laptop atau HP.

Nah, dengan ini kamu bisa melakukan kontrol siapa saja yang bisa masuk dan menggunakan jaringan WiFi dengan cara mem-block MAC Address yang kamu inginkan supaya sang pengguna tak bisa membobol jaringan WiFi kamu.

Lihat Juga: