cek layar xiaomi

Mau Cek Layar Xiaomi? Berikut Ini Caranya

Swakarta.com – Dengan mengetahui cara cek layar Xiaomi kamu bisa mengetahui apakah layar Hp Xioami kamu berfungsi baik dan benar, atau mengalami masalah, hal ini sudah pasti dapat menghindarkan kamu dari risiko masalah ke depannya. Ketika kamu membeli sebuah ponsel Xiaomi bekas, maka kamu perlu melakukannya sehingga kamu tidak akan merasa dirugikan karena sudah terlanjur membeli.

Berikut ini asalah cara mengecek layar Hp Xiaomi yang bisa kamu lakukan, cek di bawah ini.

Cara Cek Layar Xiaomi dengan Mudah

1. Cara Cek Secara Manual

a. Terdapat Retak Pada Layar

Hal ini bisa kamu ketahui dengan melihat pada layar Hp xiaomi tersebut, apakah ada retakan atau tidak. Biasanya hal ini disebabkan oleh benturan ataupun terjatuh.

b. Apakah Mengalami Perubah Warna Layar

Cek apakah layar ponsel xiaomi tersebut memiliki masalah di warnanya, mungkin saja adanya layarnya yang berwarna kuning atau menguning, bahkan berwarna cokelat.

✅ BACA JUGA:   Melihat Frekuensi Wifi Android! Pahami Ini

c. Apakah Layar Mengalami Pecah

Bukan saja retak, namun bisa saja layar Hp xiaomi tersebut pecah setelah terlempar terbentur ataupun terjatuh, jadi pastikan tidak mengalami hal tersebut.

d. Layar Terasa Longgar

Ketika kamu membeli sebuah ponsel Xiaomi, coba kamu tes pada layar dengan menekan-nekan pada layarnya. Jika stabil dan terasa masih menempel kuat, biasanya tidak ada masalah pada layar. Namun jika layar kamu rasa sedikit goyang dan tidak permanen menempel pdi bodi ponsel, berarti layar ini sudah pernah bermasalah karena sudah hampir lepas dari bodi.

2. Cara Cek Layar Pada Hp Xiaomi Menggunakan Kode Dial

Berikut langkah untuk cara cek layar Hp xiaomi dengan kode rahasia:

  • Ketikan kode berikut *#*#64663#*#* pada menu Dial Pad lalu klik Call atau secara langsung setelah kamu ketik langsung masuk ke dalam tampilan menu
  • Pilih pada Color dan ikuti senua panduannya
  • Secara umum, pengetesan warna dengan menggunakan tiga warna yaitu Red, Green, dan Blue. Jika warna yang ditampilkan sesuai dengan warna apa yang kamu pilih, maka tidak terdapat masalah warna pada layar ponsel Xiaomi kamu
  • Selesai melakukan pengetesan terhadap warna, kembali ke dalam tampilan menu
  • Pilih pada menu Touchscreen Edge/Touch Sensor
  • Maka akan muncul sebuah kotak-kotak yang berisikan garis tertentu, sentuh ataupun kamu geser mengikuti garis kotak yang tersedia.
  • Jika semua kotak yang kamu sentuh berubah menjadi warna biru ataupun hijau, berarti kondisi layar pada ponsel kamu baik-baik saja. Tetapi jika tidak terjadi perubahan pada warna sedikitpun, bisa dipastikan bahwa layar sentuh tersebut sudah rusak.
✅ BACA JUGA:   Cara Cek Layar Hp Realme Dengan Mudah Dan Praktis

3. Cara Cek Layar Pada Hp Xiaomi Menggunakan Aplikasi

a. Aplikasi Touchscreen Test

Aplikasi Touchscreen adalah aplikasi yang dikembangkan untuk mengecek pada kondisi layar sentuh ponsel secara keseluruhan sampai menemukan apakah terdapat ‘dead zone’ atau area yang tidak responsif terhadap sentuhan. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni hanya menyentuh pada layar saja.

b. Aplikasi Display Tester

Aplikasi berikutnya yaitu Display Tester yang bisa kamu gunakan ketika mengecek pada layar ponsel yang sudah meredup atau memiliki warna yang seolah sudah menghilang.

c. Aplikasi Multi Touch Test

Ingin melakukan pengecekan menggunakan berapa jari yang bisa dideteksi oleh layar? Kamu bisa menggunakan aplikasi Multi Touch Test ini. Beberapa kondisi pada ponsel Xiaomi yang gagal diberikan perintah ketika kamu menggunakan dua jari atau lebih, contohnya saat mengambil tangkapan layar ataupun screenshot.

✅ BACA JUGA:   5 Rekomendasi Game Zombie Terbaik

d. Aplikasi Dead Pixels Test and Fix

Ponsel Xiaomi yang sudah dibekali dengan layar sejenis Super AMOLED biasanya rentan akan mengalami masalah seperti dead pixel ataupun shadow yang berupa titik hitam pada layar. Dengan munculnya dead pixel pasti sangat mengganggu kamu, apalagi jika tersembunyi. Aplikasi Dead Pixels Test and Fix bisa membantumu kamu dalam mendeteksi dan juga mengembalikan layar menjadi seperti normal.