cara mengolah kayu bajakah

Cara Mengolah Dan Manfaat Kayu Bajakah!

Maksimalkan Khasiat Bajakah, Begini Cara Mengolah Dan Manfaatnya

Swakarta.com – Cara mengolah dan manfaat kayu bajakah sebagai obat herbal yaitu dengan meminum air rebusannya, dari beberapa potong kayu bajakah yang sudah dikeringkan sebelumnya.

Potongan dari kayu bajakah bisa direbus sampai dua kali pemakaian, namun dengan catatan pada potongan pertama kayu bajakah tidak boleh disimpan di dalam lemari pendingin.

Potongan dari kayu bajakah disarankan disimpan pada tempat yang mempunyai suhu ruangan normal, dan juga bersih.

cara mengolah kayu bajakah

Manfaat Dari kayu Bajakah

1. Bisa Menangkal Efek Radikal Bebas

Radikal bebas adalah sebuah senyawa yang beracun yang bisa mendatangkan banyak masalah dan juga gangguan kesehatan kepada tubuh kita.

Baca Juga:  8 Jenis Makanan Terlarang Bagi Kucing, Salah Satunya Produk Susu

Radikal bebas ini biasanya disebabkan dari polusi seperti halnya asap dari kendaraan, pola makan yang tidak sehat, suka merokok dan juga yang lainnya.

2. Bisa Mencegah Terjadinya Infeksi pada Tubuh

Berdasarkan penelitian, ekstrak dari kayu bajakah ini memiliki khasiat yang bisa mencegah timbulnya infeksi terhadap tubuh manusia yang disebabkan adanya bakteri terutama E.coli.

Manfaat tersebut dari kayu bajakah tersebut bisa kita peroleh berkat adanya kandungan beberapa senyawa di dalamnya misalkan  antioksidan alami seperti flavonoid, tanin, saponin dan polifenol.

3. Bisa Meningkatkan Sistem Imunitas

Tubuh seseorang yang memiliki sistem kekebalan ataupun imunitas yang tinggi pasti akan lebih sehat, dikarenakan penyakit tidak mudah menyerangnya.

Baca Juga:  Begini Cara Mudah Untuk Membaca Resep Dari Dokter

Tubuh selalu membutuhkan asupan seperti antioksidan supaya kemampuan dalam menangkal penyakit juga bisa meningkat.

Di dalam kayu bajakah ini, kamu bisa mendapatkan senyawa seperti antioksidan yang cukup lengkap untuk bisa meningkatkan imunitas kepada tubuh kamu.

4. Bisa Sebagai Obat Disentri

Kayu bajakah juga bisa kamu gunakan untuk obat penyakit seperti disentri serta masalah kesehatan yang lainnya muncul akibat dari infeksi bakteri.

Adanya infeksi pada usus akan memicu kamu mengalami penyakit diare yang bisa berakibat fatal jika tidak segera kamu atasi.

Kayu bajakah ini mampu melawan bakteri dari penyebab infeksi yang menyerang terhadap organ pencernaan kamu. Dengan begitu gangguan seperti disentri dan juga diare bisa kamu atasi dengan cepat.

Baca Juga:  Cara Membaca Sebuah Manga! Harus Kamu Baca

5. Membantu Menyembuhkan Luka

Manfaat yang lainnya dari kayu bajakah yaitu membantu kamu dalam menyembuhkan luka yang lebih cepat. Senyawa seperti tanin dan saponin yang dikandung oleh kayu bajakah sangat berkhasiat untuk menghentikan pendarahan.

Dan juga merangsang terbentuknya sebuah pembuluh darah yang baru pada luka kamu. Dengan demikian proses dari penyembuhan luka yang kamu alami akan menjadi lebih cepat.

Cara Mengolah Kayu Bajakah

Adapun cara mengolah dari kayu bajakah supaya bisa menjadi obat herbal untuk kamu adalah sebagai berikut :

  • Potong-potong batang kayu bajakah sampai menjadi bentuk ukuran yang kecil dan juga tipis.
  • Selanjutnya kamu jemur kayu tersebut pada tempat yang terkena sinar matahari sampai benar-benar menjadi kering.
  • Kemudian kamu hancurkan kayu bajakah sampai menjadi bubuk yang benar-benar halus.
  • Kamu juga bisa menghaluskannya secara manual maupun menggunakan blender.
  • Kemudian kamu simpan bubuk kayu bajakah di dalam wadah yang kering dan juga tertutup.
  • Selanjutnya kamu bisa menyeduh bubuk kayu bajakah dengan menggunakan air panas, perbandingannya 1 gram bubuk kayu dilarutkan ke dalam 500 ml air matang.
  • Bubuk kayu bajakah sudah siap untuk kamu konsumsi.