mengatasi baterai kembung

Cara Mengatasi Baterai Kembung! Kenali Penyebanya

Cara Mengatasi Baterai Kembung dengan Benar

Swakarta.com – Cara Mengatasi Baterai Hp Kembung. Baterai hp yang melembung memang sangat sering terjadi jika pemakaian yang Hp secara berlebihan.

Apalagi jika kamu menggunakan hp tersebut dengan charger atau baterai yang tidak berkualitas. Mengatasi supaya batre hp kamu tidak kembung ataupun pun drop ini bisa kamu lakukan dengan syarat baterai tersebut masih belum rusak sepenuhnya.

mengatasi baterai kembung

Cara Memperbaiki Batre Hp Kembung

Syarat Paling utama dan penting: Cara Memperbaiki Batre Hp yang Kembung ini hanya bisa kamu gunakan jika baterai tersebut masih bisa di cas.

Namun apabila baterai tersebut sudah tidak bisa di cas lagi. Maka lebih baik langsung kamu ganti saja dengan yang baru, karena baterai tersebut sudah rusak total atau tidak bisa diperbaiki lagi. Berikut ini adalah caranya :

  • Pertama kamu buka casing hp dan setelah itu kamu lepaskan baterai tersebut.
  • Kemudian kamu cari plastik atau sebuah plastik klip dan segera bungkus rapat baterai hp tersebut.
  • Pastikan kamu membungkus baterainya dengan rapat.
  • Lalu kamu masukkan ke dalam freezer kulkas, selanjutnya kamu diamkan saja selama 24 jam atau 1 malam saja.
  • Setelah besok harinya, kemudian kamu keluarkan dari freezer, dan tunggu sampai kering.
  • lalu coba cas menggunakan charger desktop dalam keadaan yang terbalik. ( posisi positif ke negatif dan posisi negatif ke positif ). Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mengosongkan isi dari baterai hp.
  • Kemudian Silahkan kamu coba kembali baterai tersebut, pasangkan ke dalam HP atau smartphone kamu, dan kemudian kamu lakukan pengisisan ulang terhadap baterai dalam keadaan mati tersebut.
  • Dan Biasanya kamu akan langsung bisa menggunakan baterai itu lagi seperti biasa.
✅ BACA JUGA:   5 Aplikasi Game Perang Kerajaan Terbaik

Cara menghindari baterai agar tidak mengembung

Untuk bisa mencegah supaya tidak terjadinya baterai yang menjadi kembung, kamu harus menghindari beberapa hal seperti berikut ini :

  • Jangan mengisi daya baterai atau mencharger sambil menggunakan hp tersebut. Lebih baik HP tersebut kamu nonaktifkan ketika kamu sedang melakukan pengisian daya baterainya. Dan kemudian kamu hindari mencharge baterai hp tersebut dalam jangka waktu yang terlalu lama.
  • Jika kamu rasa kondisi smartphone kamu mulai panas, maka jangan terlalu kamu paksakan. Berhentilah sejenak ketika menggunakan aplikasi yang cukup menguras daya dari baterai kamu, seperti game ataupun melakukan streaming. Cukup kamu diamkan saja sebentar sampai dirasa tidak panas lagi. Jika kamu rasa sudah hilang panasnya silahkan kamu gunakan kembali.
  • Jangan menggunakan sembarang charger baterai. Apalagi kamu menggunakan charger yang murahan, yang bisa kamu beli dengan harga dibawah 50rb. Walaupun terlihat sepele charger yang berkualitas seperti bawaan pembelian, akan membuat baterai kamu lebih awet.