kredit motor di pegadaian

Cara Kredit Motor Di Pegadaian! Mudah Banget

Kredit Motor di Pegadaian – Persyarat, Ketentuan, dan Simulasinya

Swakarta.com – Kredit motor di Pegadaian menjadi salah satu solusi bagi kamu yang ingin membeli motor untuk penunjang alat transportasi dalam aktivitas kehidupan kamu sehari-hari.

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat penting saat ini. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, sebab hampir semua aktivitas perpindahan yang kita lakukan akan lebih efisien jika menggunakan motor.

kredit motor di pegadaian

Syarat Kredit Motor Melalui Pegadaian

Jika biasanya Pegadaian hanya menerima jasa untuk melakukan pegadai, sekarang kamu sudah bisa melakukan kredit motor melalui salah satu perusahaan dari BUMN ini. Untuk persyarat cicil motor pada Pegadaian adalah sebagai berikut :

Minimal usia 21 tahun

Syarat yang pertama adalah kamu harus sudah berusia 21 tahun. Hal ini disebebkan usia 21 tahun dianggap sudah bisa memiliki tanggung jawab untuk pemenuhan terhadap cicilan motor.

✅ BACA JUGA:   5 Aplikasi Jualan Pulsa Murah, di Jamin Laku Terbaik

Pegawai tetap

Dengan menjadi pegawai tetap pada sebuah instansi pemerintahan, BUMN ataupun swasta. Atau setidaknya kamu sudah bekerja pada perusahaan itu selama 2 tahun.

Hal ini tersebut merupakan salah satu persyaratan yang mutlak sebab pihak Pegadaian akan mempertimbangkan permohonan cicilan motor yang kamu ajukan untuk memperkirakan kamu bisa membayar angsuran atau tidaknya dimasa depan.

Fotocopy surat rekomendasi dari atasan

Kamu juga harus memiliki surat rekomendasi dari atasan kamu di tempat kamu bekerja. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah kamu benar-benar bekerja disana sebagai karyawan atau tidaknya pada perusahaan tersebut.

Memiliki tempat tinggal

Selain itu kamu juga harus sudah memiliki tempat tinggal. Hal ini tujuannya adalah untuk mempermudah perusahaan ketika mereka memproses permohonan cicilan yang kamu ajukan. Dan juga untuk mengantisipasi jika terjadinya cicilan yang macet di masa depan.

Cara kredit motor Melalui Pegadaian

Berikut ini adalah panduan mengajukan kredit motor pegadaian. Simak Di bawah ini caranya :

✅ BACA JUGA:   Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS!

Melengkapi dokumen

Setelah kamu sudah memenuhi persyaratan sebagai orang yang bisa melakukan cicilan motor melalui Pegadaian, jangan lupa kamu lengkapi juga dokumen wajibnya.

Dokumen wajib yang harus kamu bawa ketika pergi ke kantor Pegadaian untuk melakukan cicilan motor yaitu, fotocopy KTP, fotocopy KK (kartu keluarga), dan juga melampirkan slip gaji 2 bulan terakhir, dan yang lain-lain.

Mengisi formulir

Selanjutnya kamu akan diwajibkan untuk mengisi formulir akad. Formulir ini adalah sebagai bukti bahwa kamu terdaftar sebagai calon kreditur di kantor Pegadaian.

Selain itu juga akan mempermudah kamu dalam proses pengajuan yang akan kamu lakukan. Untuk mendapatkan formulir ini, kamu bisa langsung minta kepada pihak Pegadaian.

Membayar uang muka sesuai kesepakatan

kamu juga akan diwajibkan untuk membayar uang muka sesuai dengan kesepakatan. Biasanya uang muka yang akan kamu bayarkan adalah sebesar 10% dari total harga motor yang akan kamu beli.

Kelebihan kredit motor Pada Pegadaian

Keuntungan yang akan kamu dapatkan kredit motor di Pegadaian di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Biaya administrasi yang lebih murah dan juga cicilan tetap.
  • Uang muka yang cukup terjangkau yaitu hanya 10%.
  • Terdapat berbagai macam jangka waktu dengan pembiayaan di mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan.
  • Proses pengajuannya yang terbilang cepat dan juga mudah jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan.
  • Sesuai dengan ajaran Islam dan dijamin aman, adil dan amanah.
  • Program ini sudah tersebar di berbagai wilayah. Jadi, kamu bisa memilih lokasi yang paling dekat dengan lokasi kamu.
✅ BACA JUGA:   Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga! Mudah Dan Praktis

Simulasi cicilan kredit motor Melalui Pegadaian

Berikut ini adalah simulasi cicilan motor yang akan kamu ajukan melalui Pegadaian yang bisa kamu jadikan referensi kamu. Simak di bawah ini :

  • Beban biaya DP hanya 10% dari harga total motor yang kamu inginkan.
  • Misalkan harga motor Rp16.200.000
  • Tenornya selama 12 bulan
  • Biaya administrasi dan juga asuransi Rp146.000/bulan
  • Maka angsuran untuk tiap bulannya adalah Rp1.361.000
  • Dari simulasi diatas kamu sudah bisa memperkirakan biaya yang akan dibebankan kepada kamu untuk setiap  bulannya yaitu Rp1.361.000. Yang artinya kamu harus memastikan bahwa biaya yang akan kamu keluarkan tidak lebih dari 30% dari total penghasilan.