apa itu wps

Apa Itu WPS? Cara Kerja Dan Cara Kerjanya!

Apa Itu WPS?

Swakarta.comApa Itu WPS – WPS (Wi-Fi Protected Setup) adalah sebuah sistem keamanan yang dibuat untuk jaringan WiFi.

Sistem keamanan ini akan berfungsi untuk menghubungkan router ke Wi-Fi dengan menggunakan perangkat penerima pada Wi-Fi seperti pada smartphone sehingga akan menjadi lebih aman, cepat, dan juga mudah.

WPS hanya bisa berjalan di dalam perangkat yang sudah didukung oleh sistem keamanan WPA Personal dan juga WPA2.

Sistem WPS tidak bisa bekerja ataupun tidak bisa mendukung pada perangkat yang menggunakan sistem keamanan WEP. Fitur dari WPS juga sudah biasa ditemukan pada perangkat router Wi-Fi yang biasa terpasang pada rumah umumsnya.

apa itu wps

 

Bagaimana Cara Kerja WPS

Bagaimana cara kerja dari WPS? Cara kerja WPS terdiri atas dua cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan push button atau kamu bisa menekan pada tombol konfigurasi WPS.

Sebelum kamu melakukan cara yang satu ini, kamu terlebih dahulu harus memastikan bahwa perangkat yang yang kamu gunakan sudah didukung dengan fitur WPS.

Contohnya saja, pengguna harus menghidupkan fitur Wi-Fi nya terlebih dahulu di smartphone. Pengguna juga bisa membuka pada menu pengaturan Wi-Fi kemudian lanjutkan dengan mengaktifkan pada tombol WPS.

✅ BACA JUGA:   Cara Menghapus Chromium Secara Permanen untuk Windows dan MAC

Setelah itu pengguna sudah bisa menekan pada tombol QSS yang ada di router ataupun modem. Yang Kedua perangkat akan saling mendeteksi satu sama yang lain.

Keunggulan dan Kelemahan WPS

WPS ternyata juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Kelebihan dari WPS adalah WPS bisa membuat koneksi ataupun sambungan Wi-Fi antara router dengan perangkat yang digunakan sehingga bisa mempermudah user.

Beberapa router juga sudah support ataupun didukung oleh sistem operasional yang lama sehingga yang terbaru seperti pada Windows 10, Windows 8, Windows Vista, dan juga Windows XP.

Pada perangkat android, sudah tersedia dan dimulai dari versi Android 4.0 Ice Cream sampai Android 7.0 Nougat. Di dalam Blackberry sudah tersedia pada versi 6 sampai versi yang terbaru.

Untuk kelemahan dari WPS ini adalah sebagai berikut

  • Jaringan WiFi ada di ada router yang sudah menggunakan fitur WPS biasanya juga sudah memiliki keamanan yang sangat rapuh. Dengan berbagi macam koneksi internet dan melalui Wi-Fi dengan menggunakan fitur WPS maka akan sangat rentan kamu akan mengalami pembobolan password Wi-Fi.
  • Membutuhkan sebuah pengaturan keamanan pada password WiFi dengan menambahkan supaya tidak rentan untuk dibobol. Selain itu sudah banyak juga aplikasi yang bisa membobol pada jaringan ini.

Cara Menyambungkan Koneksi Jaringan Wi–Fi dengan WPS

Nyalakan Wi-Fi kamu pada perangkat yang sedang kamu gunakan baik itu laptop ataupun smartphone.

✅ BACA JUGA:   Inilah 6 Aplikasi Kumpulan Doa Muslim Terlengkap Saat Ini

Kemudian lanjutkan dengan melihat pada menu “Option”. Di dalam menu option ini ada layer pada sebelah kanan di bagian atas.

Setelah kamu memilih pada menu option, maka akan terlihat beberapa opsi untuk pilihan yang ditampilkan.

Kemudian kamu klik pada opsi “Advanced” dan biasanya opsi ini terletak di bagian menu yang paling bawah dari opsi – opsi yang lainnya.

Kemudian di dalam “Advanced” ini kamu pilih pda menu “WPS Push Button” yang terletak di bagian bawah.

Setelah itu pada perangkat yang kamu gunakan akan melakukan scanning pada jaringan Wi-Fi yang tersedia di area kamu berada.

Ketika proses ini sedang berlangsung, pengguna melakukannya sambil menekan pada tombol WPS yang ada di router Wi-Fi.

Setelah tombol WPS sudah selesai kamu tekan, akan muncul sebuah peringatan ataupun notifikasi bahwa jaringan Wi-Fi tersebut sudah terhubung di antara perangkat yang sedang kamu gunakan dengan router Wi-Fi.

Kemudian lanjutkan dengan klik pada Done ataupun OK. Koneksi jaringan Wi-Fi kamu sekarang sudah bisa digunakan dan juga untuk kamu dinikmati pada perangkat yang kamu gunakan.

Manfaat WPS di Smartphone

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari WPS yang bisa kamu nikmati oleh para pengguna WPS. Dalam proses menghubungkan dengan jaringan Wi-Fi dengan smartphone ataupun perangkat yang lain yang sedang kamu gunakan akan menjadi lebih aman, mudah, dan juga cepat hanya dengan melakukan scanning pada perangkat dan juga Wi-Fi.

✅ BACA JUGA:   Cara Mengakses Aplikasi Peduli Lindungi

WPS juga bermanfaat untuk menjaga keamanan password dari Wi-Fi dan juga keamanan yang lainnya dari pengguna lain (Pengguna yang tidak menggunakan WPS). WPS juga sudah mendukung pada semua perangkat Android dan juga iOs.

Cara Menggunakan WPS Connect Agar Terhubung Pada Wi-Fi

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menggunakanya supaya bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi :

  • Pertama kamu Hidupkan jaringan Wi-Fi di perangkat smartphone ataupun perangkat yang lainnya yang sedang kamu gunakan.
  • Kemudian kamu cari menu “More Option”, biasanya terletak di bagian kanan atas pada layar.
  • Kemudian klik pada menu “Advanced”.
  • Kemudian klik pada menu “WPS Push Button” yang terletak di bagian paling bawah menu.
  • Setelah itu, pada perangkat yang sedang kamu gunakan akan melakukan proses scanning terhadap jaringan Wi-Fi yang sedang tersedia.
  • Ketika proses ini sedang berlangsung pengguna harus menekan pada tombol WPS yang ada di router Wi-Fi.
  • Tidak lama setelah pengguna menekan pada tombol WPS, perangkat yang kamu gunakan akan secara otomatis terhubung pada router yang sedang kamu gunakan.
  • Kemudian klik pada tombol OK atau bisa juga Done jika pengguna juga sudah mendapatkan koneksi pada jaringan Wi-Fi di smartphone kamu.