Kuota nasional telkomsel

Kuota Nasional Telkomsel : Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Swakarta.comKuota Nasional Telkomsel –  Untuk memasarkan sejumlah produknya, Telkomsel juga menerapkan sistem berbagi data yang salah satunya tercatat sebagai kuota nasional. Jenis data yang muncul di berbagai produk internet berbasis kuota ini unik karena memiliki syarat penggunaan yang lebih sederhana sehingga pelanggan dapat menggunakannya dengan mudah.

Berbeda dengan kuota lokal, aplikasi, tontonan lokal, dan pembelajaran yang seringkali diberikan sebagai bonus kuota, pelanggan dapat memanfaatkan jenis data milik Telkomsel ini tanpa perlu menginstal aplikasi atau menggunakan layanan tertentu. Meski begitu, kuota nasional tetap mengikuti urutan prioritas penggunaan data yang bersifat unik untuk setiap produk dalam layanan Telkomsel.

Secara khusus, pelanggan dapat membacanya dalam syarat dan ketentuan yang disediakan. Untuk mengenalnya lebih dalam, berikut informasi kuota nasional yang ditawarkan Telkomsel dalam sistem berbagi data untuk berbagai produknya.

Apa Itu Kuota Nasional Telkomsel? Ini Penjelasan dan Cara Mengeceknya

Kuota nasional telkomsel

Telkomsel adalah operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1993. Hingga saat ini, jumlah pengguna kartu Telkomsel terus meningkat.

Peningkatan jumlah pengguna Telkomsel disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah layanan jaringan luas yang menjangkau daerah pelosok, kemudian menyediakan berbagai macam layanan internet yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Setiap kartu Telkomsel memiliki daftar harga paket internet yang berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai harga paket internet Telkomsel untuk semua layanan, kamu bisa melihat informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Kuota Nasional Telkomsel?

Kuota nasional secara sederhana dapat dianggap sebagai kuota reguler atau utama dari Telkomsel. Pelanggan dapat menggunakannya untuk mengakses semua aplikasi dan layanan kecuali yang diblokir oleh operator. Sesuai dengan namanya, kuota ini hanya berlaku secara nasional. Pelanggan tidak dapat menggunakannya untuk browsing layanan internet saat berada di luar negeri, melainkan hanya di wilayah Indonesia.

Namun kabar baiknya, pelanggan dapat memanfaatkan jenis data ini selama jaringan 2G, 3G, dan 4G operator tersedia, jadi tidak seperti kuota lokal Telkomsel yang terikat dengan lokasi pembelian perangkat terkait. kemasan. Secara umum, penggunaan akan berada pada skala prioritas paling akhir untuk penggunaan Telkomsel setelah jenis data lain seperti aplikasi, menonton, dan kuota lokal.

Tentunya penggunaan ini tidak berlaku mutlak, sehingga pelanggan tetap perlu mengecek kondisi paket yang dibeli. Untuk paket Combo Sakti misalnya, penggunaan kuota nasional akan menjadi prioritas utama sebelum aplikasi unlimited. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelanggan dapat memperoleh data jenis ini dengan membeli paket internet berbasis kuota Telkomsel seperti Combo Sakti atau OMG!.

✅ BACA JUGA:   iPhone 12 Segera Dijual di Indonesia, Berapakah Harga Resminya?

Cara Cek Kuota Nasional Telkomsel

Menggunakan MyTelkomsel

  • Jalankan aplikasi MyTelkomsel (instal jika belum punya)
  • Login dengan nomor telepon yang ingin kamu periksa kuotanya
  • Gunakan tautan yang dikirim melalui SMS atau email jika diperlukan
  • Ketuk menu Internet di bawah informasi sisa pulsa
  • Pada halaman Paket Saya yang terbuka, kuota nasional umumnya ditulis dengan keterangan Internet saja
  • Selain untuk cek kuota nasional, aplikasi MyTelkomsel juga bisa digunakan untuk melihat sisa kuota lainnya
  • termasuk aplikasi, nonton film, dan belajar. Hanya saja untuk melakukannya, pelanggan membutuhkan koneksi internet.

Menggunakan Kode USSD

  • Buka panel untuk melakukan panggilan telepon
  • Ketik kode *888#
  • Tekan tombol Panggil
  • Ketik nomor sesuai pilihan Cek Pulsa lalu tekan Kirim
  • Ketik nomor untuk memilih menu Cek Kuota lalu tap tombol Kirim
  • Konfirmasi sekali lagi dengan mengetikkan nomor Cek Kuota jika diperlukan
  • Jika berhasil, informasi paket data yang sedang aktif akan disampaikan melalui SMS yang berisi keterangan Kuota Internet untuk menunjukkan sisa kuota nasional.

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan (Penyebab dan Solusinya)

Telkomsel menerapkan sistem pembagian kuota untuk setiap paket. Kuota tersebut terdiri dari bonus flash, regular (utama), roaming, internasional dan berbagai bonus nelpon/SMS. Selain itu, juga terdapat pembagian kuota berdasarkan zona waktu dan registrasi yang biasa disebut dengan kuota lokal. Meski demikian, penyedia ini menawarkan akses internet yang cepat dan stabil di seluruh Indonesia. Melalui varian kartu AS, simPATI, loop, dan Halo berhasil membawa Telkomsel menjadi operator seluler terbaik di tanah air.

Sayangnya, harga kuota Telkomsel cukup mahal jika dibandingkan dengan provider lain. Padahal harga tersebut sebenarnya terbayar dengan layanan dan performa jaringan yang kita dapatkan. Namun dalam beberapa kasus, pelanggan sering mengalami kendala tidak dapat menggunakan kuota lokal Telkomsel untuk internet. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan zona registrasi dan zona penggunaan paket.

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Langkah pertama untuk mengatasi kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan adalah dengan mengetahui zona registrasi terlebih dahulu. Tujuannya tak lain untuk mengetahui di daerah mana saja kuota lokal bisa didaftarkan (kecuali kamu mengingatnya).

Misalnya, jika pelanggan mendaftar paket internet di kota Jakarta, kota tersebut menjadi zona kuota lokal Telkomsel. Jika pelanggan melakukan perjalanan dari Jakarta, kuota lokal tidak terpakai dan biaya internet dibebankan ke kuota reguler atau pulsa.

✅ BACA JUGA:   Cara Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain!

Pengecekan zona kuota lokal juga merupakan langkah dasar yang harus dilakukan oleh undang-undang. Untuk mempersingkat waktu, akan kita simpulkan cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel melalui Facebook Instant Messenger di bawah ini :

  • Masuk facebook dengan akun kamu.
  • Cari halaman resmi Telkomsel dan kirim pesan melalui chat.
  • Kamu akan langsung terhubung ke bot asisten bernama veronica.
  • Veronica akan menanyakan keluhan apa yang kamu alami.
  • Silakan tanyakan “Cek lokasi kuota lokal Telkomsel”, maka Veronica akan menanyakan informasi umum (nomor ponsel, jenis ponsel, tanggal pembelian paket).
  • Jawab informasi tersebut dan kamu akan mendapatkan informasi detail aktivasi paket internet terbaru yang meliputi zona lokasi pendaftaran paket.

Cara Mengubah Zona Lokasi Telkomsel

Biasanya jika kita bepergian meninggalkan kampung halaman tempat kita mendaftar, paket kuota lokal tidak akan bisa digunakan. Namun, ada trik khusus yang memungkinkan kita menggunakan kuota lokal Telkomsel di luar zona lokasi pendaftaran. Bagaimana caranya? Kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak lain adalah GPS palsu.

Prinsip kerja dari aplikasi ini adalah memalsukan lokasi hp kita agar tidak terbaca oleh sistem. Dengan menetapkan titik-titik di zona lokasi pendaftaran awal Telkomsel, kita bisa mengelabui operator seolah-olah kita masih berada di zona tersebut.

Cara ini lebih simpel dan praktis daripada mengganti kuota lokal ke flash/reguler. Mengapa demikian? karena kita tidak perlu repot mencari bug kuota flash atau setting APN hp. Dengan GPS palsu kita hanya perlu mengetuk dan aplikasi berjalan.

Setelah kamu mendapatkan informasi lokasi kota pendaftaran, coba trik menggunakan kuota lokal di wilayah lain berikut ini:

  • Instal aplikasi GPS palsu di ponsel kamu.
  • Buka aplikasinya, jika ada notifikasi tap izinkan agar GPS palsu bisa mengakses lokasi saat ini.
  • Aktifkan fitur lokasi tiruan di aplikasi.
  • Cari dan atur lokasi palsu menjadi kota asal pendaftaran.
  • Ketuk ikon putar untuk menjalankan aplikasi GPS palsu.
    Dengan demikian, zona lokasi Telkomsel akan berubah dan kamu bisa menggunakan kuota lokal di area lain.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Dalam beberapa kasus, tidak bisa menggunakan kuota lokal juga disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti masa aktif paket yang sudah habis masa berlakunya, tumpang tindih kuota paket dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita harus rajin mengecek kuota Telkomsel secara berkala apakah masih tersedia atau tidak.

Selain cara cek lokasi kuota lokal dan pindah zona lokasi Telkomsel di atas, ada beberapa hal penting yang harus digarisbawahi. Setidaknya, dengan mengetahui tips berikut, kita bisa lebih bijak dalam menggunakan data lokal.

✅ BACA JUGA:   King of Kings Free Fire Series 2020, Buka Jalan Jadi Atlit Esport

Zona Paket Telkomsel

Sebelum mulai menggunakan kuota lokal Telkomsel, pastikan posisi kamu berada di zona lokasi pendaftaran pertama untuk paket tersebut. Hal ini dikarenakan sifat dari paket lokal hanya berlaku untuk wilayah atau tempat dimana paket internet pertama kali diaktifkan. Biasanya kamu tidak akan dapat menggunakan data lokal di area lain.

Inilah sebabnya mengapa banyak pelanggan mencari alternatif dan mengubahnya ke varian kuota lainnya. Sampai saat ini banyak cara yang bisa dilakukan melalui perantara aplikasi pihak ketiga. Sebut saja anonytun dan pshipon pro yang notabene menawarkan custom setting untuk proxy dan APN.

Nyalakan Ulang Telepon

Langkah kedua ini dilakukan jika langkah pertama tidak berhasil mengatasi masalah tidak bisa menggunakan kuota internet lokal Telkomsel. Pasalnya, memang ada beberapa kasus yang menyebutkan operator seluler ini mengalami kegagalan sistem. Sehingga kuota lokal Telkomsel tidak terpakai malah menghabiskan kuota utama. Cara mengatasinya cukup dengan restart atau reload smartphone kamu.

Cek Masa Aktif dan Sisa Kuota

Solusi kuota lokal Telkomsel tidak bisa digunakan. Langkah selanjutnya adalah mengecek masa aktif dan sisa paket yang digunakan. Tidak dapat menggunakan kuota internet lokal Telkomsel dapat disebabkan oleh masa aktif yang habis. Untuk itu kita bisa mengecek masa aktif dan sisa paket melalui dial up dengan mengetik *888#. Langkah selanjutnya adalah mengikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Hubungi CS Telkomsel dan Cek Area

Langkah terakhir dan terakhir jika mengalami masalah kuota lokal Telkomsel tidak bisa digunakan adalah menghubungi CS. Melalui call center kamu bisa menyampaikan keluhan atau menceritakan kronologis masalahnya. Selain itu, dengan menghubungi customer service, kita bisa mengetahui zona kuota lokal Telkomsel dengan cepat.

Itulah penjelasan kenapa kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan dan solusinya. Selain harus pintar dalam memilih paket, sebagai pelanggan kita juga dituntut untuk bisa memahami syarat dan ketentuan dari operator seluler. Salah satunya adalah sistem pembagian kuota dan skema dasar penggunaan kuota internet seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Intinya, wajar jika kuota lokal Telkomsel tidak bisa digunakan di luar zona registrasi. Untuk mengatasinya kita harus pindah zona lokasi Telkomsel terlebih dahulu menggunakan aplikasi. Namun trik ini tidak selalu berhasil karena ada juga pengguna ponsel yang mengeluh tidak bisa menggunakan data lokal meskipun memiliki pengaturan GPS palsu.

 

Lihat Juga: