mutualan telegram

3 Cara Mutualan Telegram dengan Mudah

3 Cara Mutualan di Telegram

Swakarta.comCara Mutualan Telegram – Akhir-akhir ini sedang viral di jagad dunia maya khususnya di Twitter dan Telegram mengenai istilah mutualan.

Hal tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan: mutualan artinya apa? Dan bagaimana cara mutualan di Telegram?.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya orang yang mencari dengan kata kunci “mutualan” di search engine seperti google.

Nah pada pembahasan kali ini, kita akan mengupas secara lengkap mengenai mutualan dan cara melakukan mutualan.

mutualan telegram

Apa Itu Mutualan? Pengertian Mutualan

Ada banyak pendapat mengenai arti kata mutualan. Ada yang berpendapat bahwa kata mutualan berasal dari kata “mutual” yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai “saling, bersama, timbal balik”. Ada juga yang berpendapat bahwa mutualan merupakan bahasa serapan dari istilah mutualisme yang berarti “hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme”.

✅ BACA JUGA:   11 Cara Mengganti Nama Webex Dengan Mudah

Mutualan Telegram Artinya dan Contohnya?

Untuk di Telegram, contoh mutualan misalnya kamu saling menyimpan nomor satu dengan yang lain karena pada dasarnya mutualan artinya membangun relasi dengan orang lain melalui pertemanan. Disamping itu, teman mutualan juga bisa mempromote kontakmu kepada orang lain atas seizinmu untuk menambah list pertemanan.

Cara Mutualan di Telegram

1. Cara Mutualan di Telegram Lewat Anonymous Chat Bot

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mutualan dengan orang lain adalah melalui Anonymous Chat Bot. Anonymous merupakan sebuah bot yang bisa kita gunakan untuk mencari teman secara random di Telegram. Kita bisa mencari teman darimana saja misalnya di Indonesia atau luar negeri. Kita juga tidak tahu apakah yang kita temani chat itu laki-laki atau perempuan dan jika dirasa kita tidak cocok dengan orang tersebut maka kita bisa skip dan mencari orang baru.

2. Cara Mutualan Melalui Grup di Telegram

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mutualan dengan orang lain adalah dengan masuk kedalam grup dan komunitas. Di Telegram, ada banyak sekali jenis grup yang tersedia misalnya saja kamu suka dengan KPOP maka kamu bisa masuk ke grup-grup yang membahas seputar korea atau artis KPOP. Di grup tersebut, kamu bisa membangun relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang sehobi dan bahkan bisa menyimpan kontak mereka di HP kamu.

Untuk melakukan mutulanan di Telegram melalui grup, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian ke kolom pencarian lalu ketik nama grup yang ingin kamu cari misalnya disini saya ingin mencari grup RP (Roleplayer) maka saya ketik “RP Indonesia”. Jika grupnya sudah muncul, silahkan di klik salah
  • satunya dan kamu akan diarahkan ke chatroom grup.
  • Untuk join kedalam grup, klik Bergabung
  • Jika sudah maka kamu bisa mengirim pesan kedalam grup dan berinteraksi dengan orang lain.
✅ BACA JUGA:   5 Cara Menggunakan Jitsi Meet Di Hp!

3. Cara Melalukan Mutualan di Telegram Lewat Fitur Pengguna Sekitar

Untuk melakukan mutualan menggunakan fitur pengguna sekitar, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian klik garis tiga di pojok kanan atas lalu pilih Pengguna Sekitar
  • Kemudian tunggu beberapa saat maka aplikasi akan mencari teman disekitar kamu. Fitur ini akan bekerja jika orang disekitarmu menggunakan aplikasi Telegram
  • Bukan hanya orang saja yang bisa ditemukan melainkan grup lokal juga akan ditemukan dan kamu bisa bergabung ke grup tersebut untuk membangun relasi dengan orang-orang sekitarmu.