cara Instal altstore

6 Cara Instal AltStore Tanpa Jailbreak 2022 : Windows & Mac

6 Cara Instal AltStore Tanpa Jailbreak 2022 : Windows & Mac

Swakarta.comCara Instal AltStore – Sebagian besar pengguna iOS pasti sudah familiar dengan nama AltStore. AltStore sendiri merupakan alternatif dari toko aplikasi iOS yang menawarkan kepada penggunanya sesuatu yang berbeda dari alternatif lain.

Saat menggunakan AltStore, pengguna dapat menelusuri dan menginstal aplikasi langsung di iPhone atau iPad mereka.

Namun, proses instalasi dapat berjalan sehingga pengguna memerlukan versi desktop untuk berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal server AltServer atau AltStore di komputer mereka.

Setelah itu, pengguna baru dapat meluncurkan aplikasi dengan menghubungkan iPhone atau iPad ke komputer menggunakan kabel USB.

✅ BACA JUGA:   Cara Mengetahui Nama Bank Dari Nomor Rekeningnya!

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk menggunakan fitur tambahan tersebut, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara menginstalnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap cara install AltStore di iPhone, iPad dan iPod Touch, baik itu via Mac atau Windows.

cara Instal altstore

Apa Itu AltStore?

AltStore adalah toko aplikasi iOS alternatif untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch. Seperti KODE RAHASIA IPHONE, AltStore dirancang khusus untuk membantu penggunanya dalam menginstal fitur tidak resmi tanpa harus melakukan jailbreak.

Namun, AltStore tidak dibuat dengan sertifikat perusahaan seperti toko lain sehingga tidak dapat dicabut oleh Apple.

Dengan kata lain AltStore bukanlah jailbreak, melainkan aplikasi yang menandatangani dan menginstal aplikasi tidak resmi ke perangkat iOS.

Cara Kerja AltStore

Sebelum pembahasan cara install AltStore berlanjut, ada baiknya pahami dulu cara kerja fitur iOS. Secara garis besar, AltStore memungkinkan aplikasi untuk diuji sebelum masuk dan didaftarkan ke official store.

✅ BACA JUGA:   Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel!, Dijamin mudah dan Praktis

Aplikasi ditandatangani sendiri di komputer pengguna, daripada menggunakan sertifikat perusahaan yang dapat dengan mudah dicabut.

Namun, mereka memberikan batasan hanya tiga aplikasi sedangkan AltStore dihitung sebagai satu sehingga pengguna hanya dapat menginstal tidak lebih dari dua aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan AltStore

1. Kelebihan

  • Tidak memerlukan jailbreak.
  • Dapat diunduh secara gratis.
  • Sertifikat aplikasi tidak dicabut karena setiap pengguna membuat sertifikat developer sendiri, jadi Apple tidak bisa mencabutnya seperti aplikasi lainnya.

2. Kekurangan

  • Pengguna hanya bisa mengaktifkan tiga aplikasi secara bersamaan.
  • Pengguna membutuhkan perangkat komputer untuk menjalankan AltServer untuk menginstal AltStore di perangkat hingga menandatangani ulang setiap tujuh hari.
  • Untuk memastikan pengalaman untethered, penggunanya harus mengaktifkan sinkronisasi Wi-Fi iTunes serta pengguna harus refresh aplikasi sekali dalam tujuh hari agar terus bisa digunakan.

Cara Instal AltStore

1. Instal AltServer

Langkah pertama download AltServer for Windows di situs resminya https://altstore.io/. Pada halaman utama akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih Windows (beta).

✅ BACA JUGA:   Cara Cek Rekening BRI! Mudah Dan Praktis

2. Mulai Penginstalan

Setelah berhasil diunduh, silahkan ekstrak file Alt Installer.zip. Kemudian mulai instalasi dengan mengklik dua kali setup.exe, lalu ikuti semua petunjuk instalasi.

3. Luncurkan AltServer

Cara selanjutnya adalah dengan menjalankan atau meluncurkan AltServer di Windows Anda. Biasanya AltServer akan muncul sebagai ikon di Notification Area.

4. Sambungkan iPhone

Setelah berhasil meluncurkan AltServer, silakan sambungkan iPhone Anda ke Windows menggunakan kabel USB. Jika perlu, izinkan atau percayakan iPhone Anda dengan komputer, salah satunya adalah mengaktifkan sinkronisasi Wi-Fi iTunes.

5. Install AltStore

Kemudian klik icon AltServer di Notification Area, kemudian dilanjutkan dengan klik Install AltStore. Pilih salah satu tipe atau tipe sesuai dengan ponsel Anda.

6. Masukkan ID Apple

Cara terakhir untuk menginstal AltStore adalah memasukkan email Anda bersama dengan kata sandi ID Apple Anda. Perlu diingat, alamat email dan kata sandi peka huruf besar/kecil. Tunggu beberapa saat hingga AltStore berhasil diinstal ke ponsel.

Penyebab Gagal Instal AltStore

  • Pengguna bukanlah anggota tim pengembang mana pun.
  • Salah memasukkan ID Apple seperti email ataupun kata sandi.
  • Tim pengembang pengguna telah mencapai jumlah maksimal perangkat terdaftar.
  • AltServer tidak berada di jaringan Wi-Fi penggunanya.