mengaktifkan opsi pengembangan xiaomi

6 Cara Mengaktifkan Opsi Pengembangan Xiaomi, Tutorial Lengkap

6 Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi : Fitur & Fungsi

Swakarta.comMengaktifkan Opsi Pengembangan Xiaomi – Setiap ponsel Xiaomi yang menggunakan kustomisasi sistem operasi MIUI tentu disertai dengan opsi pengembang.

Namun, secara default opsi ini tidak muncul secara otomatis karena harus diaktifkan secara manual terlebih dahulu. Dalam opsi pengembang, ada banyak fitur yang berguna dan bermanfaat bagi pemiliknya.

Dimana inti dari developer options adalah melakukan modifikasi agar smartphone nantinya bisa bekerja lebih cepat dan optimal seperti KODE RAHASIA XIAOMI.

Pada dasarnya, langkah-langkah mengaktifkan atau mengaktifkan opsi pengembang di ponsel smartphone Xiaomi cukup mudah dilakukan.

Meski begitu, masih ada sebagian besar penggunanya yang belum begitu paham cara melakukannya.

✅ BACA JUGA:   Mau Mengunci Jaringan 4G Realme?, Simak Caranya Berikut Ini

mengaktifkan opsi pengembangan xiaomi

Apa Itu Opsi Pengembang Xiaomi?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, developer options merupakan fitur tersembunyi yang berisi berbagai pengaturan lanjutan untuk smartphone Xiaomi.

Tentunya setiap setting atau fitur pada developer options memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satu fitur tersembunyi yang sangat berguna bagi pengguna Xiaomi adalah pengaturan untuk menambah, mengurangi atau bahkan menghapus animasi.

Melalui pengaturan tersebut, pengguna dapat meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi sehingga menjadi lebih cepat dan terhindar dari lag.

Fitur Opsi Pengembang Xiaomi

1. Debugging USB

Fitur pertama dalam opsi pengembang Xiaomi adalah USB Debugging. Di mana pengaturan ini membantu pengguna untuk menghubungkan ponsel Xiaomi ke PC melalui kabel USB sehingga dapat digunakan untuk berbagi layar (mirroring screen).

Selain itu USB Debugging juga dapat digunakan untuk menginstall TWRP melalui fastboot, melakukan UBL dan lain sebagainya.

2. Pengaturan Kecepatan Animasi

Melalui pengaturan kecepatan animasi, pengguna dapat membuat ponsel Xiaomi terasa lebih cepat, terutama saat multitasking. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk animasi bergerak dan menu layar di ponsel Xiaomi.

3. Ubah Tampilan Layar menjadi Monokrom

Fitur developer options Xiaomi selanjutnya berguna untuk mengubah tampilan Android menjadi monokrom. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin membaca ponsel Xiaomi.

✅ BACA JUGA:   11 Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Mudah

Di sisi lain, pengguna juga dapat menemukan opsi ruang warna Stimulate lainnya sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

4. Tampilan Penggunaan CPU

Di developer option Xiaomi juga terdapat pengaturan untuk menampilkan CPU Usage agar pengguna bisa langsung memantau kinerja smartphone. Nantinya tampilan CPU akan terlihat dan berfungsi di layar depan smartphone.

5. Aktifkan Pointer (Lokasi Sentuh)

Dengan mengaktifkan pointer di developer options Xiaomi maka akan muncul tampilan koordinat layar Xiaomi. Jadi, fitur ini dapat digunakan untuk menganalisis apakah sentuhan merespons dengan baik atau bahkan ponsel Xiaomi bermasalah.

Jika memang tidak merespon, maka pengguna bisa langsung melakukan PERBAIKAN LAYAR SENTUH HP ANDROID.

6. Aktifkan Rendering GPU

Selain dapat mengatur kecepatan animasi, pengguna smartphone Android Xiaomi juga dapat mencoba meningkatkan kecepatan kinerjanya. Cara melakukannya adalah dengan mengaktifkan fitur Rendering GPU 2D di opsi pengembang.

7. Aktifkan Lokasi GPS Palsu

Sesuai dengan namanya, fitur opsi pengembang Xiaomi ini memungkinkan pengguna memalsukan lokasi GPS yang digunakan oleh aplikasi lain di perangkat.

Pengguna akan menemukan opsi izin Lokasi Mock sehingga dapat menggunakan berbagai aplikasi dari Play Store.

✅ BACA JUGA:   5 Rekomendasi Hp Vivo Murah Terbaik

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

1. Buka Menu Pengaturan

Langkah pertama silahkan buka dan jalankan menu Setting atau Setting pada smartphone Xiaomi. Kamu dapat memilih ikon menu roda gigi atau dengan akses cepat melalui bilah notifikasi ponsel Xiaomi.

2. Masuk ke Menu Tentang Ponsel.

Setelah masuk ke menu Setting, kamu akan disuguhkan berbagai pengaturan terkait smartphone Xiaomi. Untuk melanjutkan silahkan cari dan pilih menu About Phone atau About Phone seperti saat ingin CEK IMEI HP ANDROID.

3. Ketuk Versi MIUI

Cara selanjutnya adalah dengan cepat tap 7 kali pada icon MIUI Version. Secara otomatis akan muncul notifikasi bahwa kamu adalah pengembang ponsel Xiaomi.

4. Buka Pengaturan Tambahan

Setelah itu kembali ke menu sebelumnya yaitu halaman awal Setting. Kemudian, cari dan pilih menu Pengaturan tambahan.

5. Ketuk Opsi Pengembang

Jika langkah sebelumnya sudah berhasil dilakukan, maka kamu akan menemukan menu Developer Options. Silakan pilih menu Opsi Pengembang.

6. Aktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Tahap terakhir tinggal mengaktifkan opsi pengembang pada ponsel Xiaomi. Setelah berhasil diaktifkan, selanjutnya kamu dapat mengaktifkan fitur-fitur yang ada di menu opsi pengembang.