menonaktifkan talkback vivo

11 Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Mudah

Swakarta.comMenonaktifkan Talkback Vivo – Talkback bisa sangat berguna bagi sebagian orang saat diaktifkan.

Namun, bagi pengguna ponsel Android yang belum terbiasa, fitur ini sebenarnya bisa sedikit sulit dioperasikan. Fitur bawaan sistem operasi Android memang bukan fitur utama untuk semua orang.

Berbagai perusahaan teknologi menyematkannya untuk membantu pengguna tunanetra. Dengan fitur ini, pengguna diharapkan dapat menggunakan ponsel berbasis Android meskipun memiliki kemampuan visual terbatas yang hanya dapat melihat menu dan aplikasi di layar secara terbatas.

Untuk pengguna biasa, menyalakan fitur ini secara tidak sengaja tentu bisa menjadi sedikit masalah. Karena saat aktif, pengoperasian ponsel akan berubah sehingga orang perlu menyesuaikannya.

Tak Sengaja Aktif? Begini Cara Menonaktifkan TalkBack Vivo

Tentang Fitur Talkback vivo

Talkback adalah salah satunya. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengar informasi dari apa yang disentuh di layar sehingga tetap bisa mengoperasikan ponsel meski memiliki keterbatasan penglihatan.

Saat mengaktifkan fitur ini, pengoperasian ponsel vivo dipastikan akan berubah drastis. Jika sebelumnya hanya perlu mengetuk menu atau aplikasi yang ingin dibuka atau dipilih, pengguna harus melalui beberapa tahapan sebelum bisa melakukannya.

Setiap sentuhan ke menu atau aplikasi pertama-tama akan menyorotnya dengan bingkai hijau bersama dengan keterangan suara. Setelah itu, pengguna hanya dapat memilihnya dengan tap dua kali.

✅ BACA JUGA:   Cara Menghilangkan Gboard Di Xiaomi!

Pengguna tidak akan dapat menggulir layar ke atas atau ke bawah dengan cara sebelumnya. Alih-alih hanya satu jari, mereka perlu menggunakan dua untuk melakukannya.

Beberapa perubahan navigasi dalam pemilihan menu atau aplikasi ini tentu akan menyulitkan pengguna biasa. Kabar baiknya, opsi untuk menonaktifkan fitur talkback di ponsel Vivo ini mudah digunakan.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di Vivo Mobile

  • Jika layar terkunci, sentuh tombol daya lalu geser layar dengan dua jari
  • Masukkan kata sandi jika diperlukan
  • Gunakan dua jari untuk menavigasi ke Pengaturan
  • Ketuk Pengaturan hingga bingkai hijau disorot, lalu ketuk dua kali untuk membukanya
  • Gunakan metode yang sama untuk menemukan dan memilih opsi Pengaturan lainnya
  • Gulir ke bawah dengan dua jari
  • Pilih Aksesibilitas dengan satu ketukan diikuti dengan ketuk dua kali
  • Cari opsi TalkBack dengan navigasi dua jari
  • Buka opsi itu dengan satu klik dan kemudian klik dua kali
  • Sentuh penggeser di sebelah kanan TalkBack, lalu ketuk dua kali untuk mematikannya
  • Jika jendela konfirmasi muncul, pilih tombol OK lalu ikuti dengan mengetuk dua kali
✅ BACA JUGA:   Cara Membuka Hp Yang Terkunci! 100% Work

Dengan menggunakan beberapa rarity tersebut maka hp vivo akan kembali seperti semula. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan navigasi dua jari atau memilih menu dengan sentuhan ganda.