mengubah video youtube menjadi teks

6 Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks dengan Mudah

Swakarta.com Mengubah Video Youtube Menjadi Teks – Seperti diketahui, YouTube adalah platform streaming video online yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Meski saat ini ada beberapa situs streaming video lain, namun situs tersebut belum mampu bersaing dengan YouTube.

Berbicara tentang YouTube, akhir-akhir ini kebanyakan orang bertanya-tanya apakah video YouTube bisa diringkas atau diringkas menjadi teks biasa atau tidak.

Tentunya pertanyaan tersebut didasari oleh berbagai alasan tertentu, terutama bagi pelajar atau mahasiswa. Untungnya, pengguna YouTube sekarang dapat mengubah dari yang sebelumnya berupa video menjadi format teks biasa.

Sebenarnya mengubah video youtube menjadi teks atau script cukup mudah dilakukan, asalkan mengetahui langkah-langkahnya.

6 Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi

mengubah video youtube menjadi teks

Tujuan Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

Saat ada tugas dari dosen untuk membuat resume atau rangkuman video youtube, kamu tidak perlu lagi repot mendengarkan video dari awal sampai akhir kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan tangan atau MS Word.

Pasalnya, kini ada beberapa situs yang akan membantu pengunjung untuk mengonversi video dari YouTube menjadi skrip biasa.

Oleh karena itu daripada penasaran langsung saja simak baik-baik penjelasan langkah-langkah mengubah video youtube menjadi teks di bawah ini.

Cara Mengonversi Video YouTube ke Teks

1. Buka YouTube

Pertama-tama silahkan buka aplikasi youtube di smartphone atau laptop kamu. Usahakan koneksi jaringan internet dalam kondisi stabil agar proses konversi dapat berjalan dengan lancar.

✅ BACA JUGA:   5 Aplikasi Al-Quran Untuk Android Terbaik

2. Salin Tautan Video YouTube

Setelah itu, silahkan cari video youtube yang ingin di convert ke format teks. Jika sudah menemukannya, silahkan copy link video youtubenya.

3. Kunjungi Situs Online Konverter Video

Jika link video youtube sudah berhasil di copy, silahkan buka browser pada perangkat yang kamu gunakan. Kemudian kunjungi situs Anthiago atau situs online.

4. Temukan Desgrabador

Di halaman utama situs Anthiago, ada beberapa fitur yang ditawarkan. Silakan geser layar ke bawah hingga kamu menemukan fitur Desgrabador. Jika sudah ketemu tap Bahasa Indonesia.

5. Tempel Tautan Video YouTube

Nanti kamu akan dibawa ke halaman konversi video ke teks YouTube. Gulir ke bawah layar hingga kamu menemukan bidang transkrip. Pada kolom tersebut paste link video youtube yang sudah kamu copy tadi, lalu klik Transkrip.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Download Wetv di Indihome dengan Mudah

6. Salin Transkrip

Terakhir, video YouTube akan otomatis berubah menjadi teks biasa atau format skrip. Untuk menyalinnya, ketuk Salin Transkrip.

Jika sudah sampai pada tahap ini, maka cara mengubah video youtube menjadi teks sudah berhasil dilakukan.

Penyebab Gagal Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

  • Koneksi jaringan internet tidak stabil atau buruk.
  • Salah memasukkan tautan video YouTube.
  • Ada penumpukan data cache di browser.
  • Aplikasi browser bermasalah (crash).
  • Pemeliharaan situs server atau dalam perbaikan.