bluetooth hidup sendiri

Bluetooth Hidup Sendiri : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Swakarta.comBluetooth Hidup Sendiri – Koneksi Bluetooth yang terus menyala sendiri tentunya bisa menjadi salah satu masalah umum yang cukup sering terjadi di kalangan pengguna perangkat mobile. Meski memiliki tingkat risiko yang sangat rendah, sayangnya masalah ini bisa mengganggu saat menggunakannya, karena setidaknya menimbulkan rasa penasaran mengapa hal ini bisa terjadi atau baterai lebih cepat habis.

Masalah pengaktifan Bluetooth itu sendiri tentu bisa muncul karena beberapa alasan di mana pengguna bisa berbeda satu sama lain. Berdasarkan pengamatan kami, berikut beberapa di antaranya sekaligus solusi praktis untuk mengatasinya.

Kenapa Bluetooth Hidup Sendiri? Berikut Penyebab dan Solusinya

bluetooth hidup sendiri

Penyebab Bluetooth Hidup Sendiri

Digunakan untuk Meningkatkan Akurasi GPS

  • Kunjungi halaman Pengaturan
  • Buka bagian Koneksi
  • Pilih menu Lokasi
  • Buka bagian Tingkatkan Akurasi
  • Periksa opsi Pemindaian Bluetooth
  • Untuk mendapatkan informasi lokasi yang lebih baik, beberapa perangkat menerapkan opsi tambahan untuk memindai lokasi berdasarkan Access Point atau Bluetooth point terdekat.

Sayangnya, ini dapat menyebabkan konektivitas Bluetooth menyala dengan sendirinya saat pengguna menyalakan perangkat atau ada aplikasi yang menggunakan layanan lokasi. Untuk mengatasinya, pengguna cukup mematikan layanan lokasi (GPS) dengan mengunjungi halaman Pengaturan > Koneksi lalu mengetuk penggeser Lokasi ke posisi OFF atau menonaktifkan ikonnya melalui Quick Panel.

Namun jika ingin menggunakan GPS tanpa mengganggu koneksi Bluetooth, pengguna juga bisa mematikan opsi Bluetooth Scanning pada halaman Setting seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dimana penamaan dan penempatannya bisa berbeda untuk setiap perangkat.

Ada Aplikasi yang Mengaksesnya Di Balik Layar

Selain geolokasi, sejumlah layanan termasuk aplikasi berbagi file data seperti SHAREit atau Files by Google terkadang perlu menggunakan koneksi Bluetooth langsung saat beroperasi. Bluetooth yang menyala sendiri juga bisa terjadi saat aplikasi tersebut sedang berjalan baik saat dibuka dan digunakan oleh pengguna atau di belakang layar.

Menghentikan proses aplikasi tersebut secara paksa melalui halaman Pengaturan > Aplikasi (Manajemen Aplikasi) > aplikasi yang bersangkutan lalu memilih opsi Paksa Berhenti tentu bisa menjadi salah satu solusinya. Namun perlu diingat, masalah ini juga bisa muncul karena bug dari aplikasi itu sendiri sehingga pengguna terkadang perlu memperbaruinya ke versi terbaru atau menginstal varian yang lebih lama.

Kesalahan Pengaturan Konektivitas

  • Ketuk peluncur halaman Pengaturan dari daftar aplikasi
  • Buka Manajemen Umum atau Sistem sesuai dengan perangkat yang digunakan
  • Temukan dan buka menu Reset atau opsi Reset
  • Klik opsi Atur ulang pengaturan jaringan
  • Kemudian klik tombol Atur Ulang Pengaturan
  • Konfirmasi dengan tombol jika diperlukan
  • Mengembalikan pengaturan konektivitas ke keadaan semula seperti langkah-langkah di atas adalah cara untuk memastikan bahwa perangkat berjalan dengan pengaturan yang sesuai.
✅ BACA JUGA:   10 Cara Menggunakan Google Meet Grid View, Mudah

Hal ini perlu dilakukan karena beberapa masalah antara lain bluetooth menyala dengan sendirinya juga sering terjadi akibat kesalahan pengaturan konektivitas pada perangkat.

Hanya saja jika kesulitan menemukan pengaturan konektivitas pada perangkat yang masing-masing memiliki pengaturan dan penempatannya sendiri, pengguna dapat memanfaatkan fitur pencarian di halaman Pengaturan dengan memasukkan kata kunci Reset atau Reset sesuai bahasa yang digunakan.

Penumpukan Data di Bluetooth

  • Buka Pengaturan
  • Buka Aplikasi (Manajemen Aplikasi)
  • Klik More Options (ikon tiga titik)
  • Pilih opsi Tampilkan aplikasi sistem
  • Temukan dan pilih Bluetooth
  • Pergi ke bagian Penyimpanan
  • Ketuk tombol Hapus Data

Penumpukan data pada layanan Bluetooth juga kerap menjadi penyebab sejumlah masalah antara lain mengapa perangkat konektivitas bisa menyala sendiri terus menerus.

Menghapus data menggunakan cara di atas (bisa berbeda karena tergantung pada antarmuka sistem pada perangkat pengguna) tentu dapat menyelesaikan masalah Bluetooth menyala sendiri karena ini.

Bug Sistem Operasi

Semua aktivitas pada sebuah perangkat tentunya tidak akan lepas dari sistem operasi itu sendiri. Karena itu, jika ada bug dalam pengembangan, sejumlah masalah dapat muncul begitu saja.

Aktivitas Bluetooth yang menyala sendiri terus menerus juga dapat terjadi karena masalah tersebut. Hal ini umumnya dapat ditandai dengan banyaknya pengguna yang mengeluhkan hal yang sama di jejaring media sosial.

Memperbarui sistem operasi tentu perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Jika belum ada versi baru, maka sabar menunggu adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan.

Tips dan Trik Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri

1. Bersihkan Aplikasi Latar Belakang

Cara yang pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan di background, terkadang  masih ada beberapa aplikasi lain yang menyebabkan bluetooth di hp kamu terus menyala, salah satunya yaitu aplikasi SHAREit.

Biasanya setelah mengirim atau menerima file menggunakan aplikasi SHAREit, fungsi bluetooth crash dan akan terus menyala sendiri meskipun sudah kamu matikan, solusinya coba kamu hentikan semua aplikasi yang berjalan di background hp yang kamu gunakan.

✅ BACA JUGA:   5 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik di Android dan IOS

Bagaimana caranya? Tentunya sangat mudah, biasanya hanya dengan menekan tombol Recent (selain tombol home) lalu klik icon silang di layar. Cara ini juga berlaku untuk Vivo, Oppo, Samsung, Realme dan lainnya. Ada cara lain yang bisa kamu coba jika solusi di atas tidak berhasil.

2. Mulai ulang Android

Sebenarnya ini adalah cara yang paling sederhana dan selalu berhasil, kamu bisa mencoba me-restart Android, jika memang masalah tersebut disebabkan oleh kerusakan sistem, dan kami selalu menyarankan untuk mencoba me-restart terlebih dahulu, ini juga bukan hanya solusi untuk masalah belokan bluetooth pada dirinya sendiri. , tetapi kemungkinan malfungsi lain pada Android kamu.

Untuk me-restart Android caranya adalah : Tekan dan tahan tombol Power, lalu pilih restart (Restart) dan tunggu sampai hp mati lalu masuk ke menu start seperti biasa. Setelah itu cek kembali apakah bluetoothnya masih menyala dengan sendirinya secara tiba-tiba atau tidak.

3. Hapus Data Bluetooth

Setiap aplikasi yang terinstall pasti akan menyimpan datanya masing-masing, baik itu aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang kamu download sendiri, biasanya jika aplikasi terlalu banyak menyimpan data akan menimbulkan beberapa masalah (bug). Tidak ada salahnya mencoba menghapus data Bluetooth, caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka pengaturan pengelola aplikasi, lalu pilih bluetooth dan klik opsi dengan tulisan “Hapus Data”.

Jika di hp Xiaomi kamu hanya perlu membuka Setting > Installed Apps > Bluetooth > lalu hapus data. Sedangkan untuk menghapus data aplikasi bluetooth di HP Vivo caranya : Masuk ke Setting > Other Setting > Installed Applications, lalu cari aplikasi Bluetooth melalui kolom pencarian di atas. Terakhir, klik pada aplikasi Bluetooth dan pilih opsi “Hapus Data”.

4. Perbarui Sistem Android

Banyak orang mengabaikan notifikasi yang mengingatkan bahwa sudah ada versi baru yang harus diinstal, hal ini tidak kalah penting, karena pembaruan sistem berperan sangat penting dalam menstabilkan kinerja Android kamu dan memperbaiki kesalahan yang ada.

Soalnya, jika kamu masih menggunakan sistem Android versi lama, kemungkinan akan banyak bug di dalamnya, baik itu aplikasi pihak ketiga atau bawaan termasuk bluetooth, jadi pastikan kamu memiliki Android terbaru. terpasang!

Cara updatenya sangat mudah, jika sudah ada notifikasi update software tinggal klik notifikasi tersebut kemudian nyalakan data seluler dan tunggu sampai proses selesai. Atau khusus untuk pengguna Vivo, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan ponsel terhubung ke internet.
  • Pastikan juga baterai HP tidak kurang dari 50%.
  • Kemudian buka menu [Pengaturan].
  • Gulir ke bawah dan pilih [Pembaruan Sistem].
  • Pilih [Perbarui/Perbarui] jika versi perangkat lunak terbaru tersedia.
  • Tunggu hingga proses pembaruan sistem selesai.
✅ BACA JUGA:   Cara Download Video di V Live Sub Indo Dengan Mudah

Jika kamu pengguna Xiaomi Redmi, Poco atau HP Xiaomi Series lainnya, kami sarankan untuk memperbarui MIUI ke versi terbaru.

5. Ubah Lokasi atau Pengaturan GPS

Sekarang ini hampir disetiap android sudah dilengkapi dengan fitur GPS yang berfungsi untuk melacak keberadaan HP dan lokasi terbaru kita, ternyata ada beberapa pilihan settingan GPS yang bisa diubah antara lain Hemat Baterai, High Accuracy dan Device only.

Jika kamu mengaktifkan pengaturan GPS di posisi Akurasi Tinggi, maka lokasi ditentukan dengan menggunakan Wifi, Bluetooth atau jaringan seluler, sehingga setiap kali memindai suatu lokasi biasanya Wi-Fi dan Bluetooth akan menyala secara otomatis.

Bahkan GPS yang membutuhkan fungsi bluetooth juga akan otomatis menyalakan bluetooth walaupun sebenarnya kita sudah mematikannya, hal ini bertujuan untuk menentukan lokasi secara akurat dan bisa kamu nonaktifkan melalui pengaturan.

Caranya silahkan ubah pengaturan GPS ke mode “Battery Saving” atau ke mode “Device Only” saja dan jangan gunakan mode High Accuracy, atau kamu bisa menonaktifkan Location Access jika GPS tidak terlalu dibutuhkan. Di bawah ini adalah tampilan pengaturan Lokasi Android di ponsel Xiaomi:

Jadi, kami sarankan untuk mengubah pengaturan lokasi ke mode terendah yaitu Device Only, tetapi jika dalam mode hemat baterai tidak ada indikasi menggunakan Bluetooth untuk menentukan lokasi, itu berarti tidak apa-apa, dan bukan itu penyebabnya.

6. Hapus Data Jatuhkan MI

Tips ini khusus untuk pengguna Android Xiaomi, MI Drop merupakan aplikasi pengirim file bawaan xiaomi yang tidak jauh berbeda dengan SHAREit. Aplikasi ini memerlukan fungsionalitas beberapa aplikasi bawaan, termasuk Bluetooth.

Solusinya, kamu bisa langsung menghapus data aplikasi MI Drop, caranya sama dengan menghapus data Bluetooth seperti pada tips di atas, kamu harus membuka Setting > Installed Applications > MI Drop lalu “delete data”. Untuk mendownload aplikasi share it bisa kamu klik disini.