internet lokal telkomsel

Cara Mengatasi Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan, Mudah Banget!

Swakarta.com – Cara menggunakan paket internet lokal Telkomsel sepertinya sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup. Tanpa kuota internet, banyak aktivitas yang terhambat. Misalnya tidak bisa menghubungi sanak saudara melalui aplikasi chatting terpopuler seperti WhatsApp.

Melihat hal tersebut, seluruh penyelenggara jasa telekomunikasi pun menyediakan berbagai pilihan paket internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Tak terkecuali provider Telkomsel. Operator seluler ini bisa dikatakan memiliki kecepatan jaringan yang luas dan stabil dengan konektivitas 4G LTE. Pilihan paket internet Telkomsel juga cukup lengkap lho!

Pada paket internet tertentu, kamu bisa mendapatkan gratis kuota Telkomsel berupa kuota internet lokal. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa kuota ini hanya bisa digunakan di wilayah tertentu. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika kuota internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan? Jangan khawatir! Kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini, geng!

Kuota Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Telkomsel menerapkan sistem pembagian kuota untuk setiap paket. Kuota tersebut terdiri dari bonus flash, regular (utama), roaming, internasional dan berbagai bonus nelpon/SMS. Selain itu, ada juga kuota untuk pembagian berdasarkan zona waktu dan registrasi yang biasa disebut kuota lokal.

Namun, penyedia ini menawarkan akses internet yang cepat dan stabil di seluruh Indonesia. Melalui varian kartu AS, simPATI, loop, dan Halo berhasil membawa Telkomsel menjadi operator seluler terbaik di tanah air.

internet lokal telkomsel

Apa itu Internet Lokal Telkomsel?

Saat kamu membeli paket internet Telkomsel, kamu mungkin telah menerima paket internet lokal di dalam paket yang kamu beli. Lalu, apa yang dimaksud dengan kuota lokal?. Data Lokal atau kuota internet lokal Telkomsel adalah jenis kuota internet Telkomsel yang hanya bisa digunakan di wilayah atau zona tempat kamu mendapatkan paket internet Telkomsel, geng.

✅ BACA JUGA:   5 Cara Cek Kecepatan Internet di Android Dengan Mudah

Misalnya kamu mendapatkan bonus internet lokal ini selama di Bandung, jadi ketika kamu bepergian ke Jakarta dan ingin berinternet, paket Local Data tidak bisa digunakan. Singkatnya, syarat utama untuk menggunakan kuota internet lokal Telkomsel adalah kamu harus berada di area atau area tempat paket diaktifkan.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Menggunakan paket kuota telkomsel terkadang ada beberapa pembagian, misalnya ada bonus kuota lokal. Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan kuota lokal, berikut langkah-langkahnya :

  • Aktifkan paket berisi kuota internet lokal melalui beberapa channel yang tersedia.
  • Alihkan paket ke mode data seluler.
  • Gunakan dan gunakan data saat berada di lokasi.

Cara Mengatasi Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Jika sebelumnya Jaka pernah membahas cara menggunakan kuota lokal Indosat, kini saatnya pengguna Telkomsel tersenyum lebar. Sebab, Jaka akan menjelaskan cara penggunaan kuota internet lokal Telkomsel di iPhone atau Android agar kuota lokal bisa terus digunakan hingga habis.

Untuk cara mengatasi internet lokal telkomsel tidak bisa digunakan, bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini ya geng. Simak baik-baik, ya!

1. Pastikan lokasi sesuai dengan lokasi pembelian paket

Seperti yang Jaka katakan sebelumnya, Data Lokal Telkomsel hanya bisa digunakan di area aktivasi paket. Jika kamu berada di luar wilayah tersebut, otomatis kuota internet lokal tidak dapat digunakan.

✅ BACA JUGA:   Paket Internet Telkomsel 25 Ribu Perbulan!

Cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel juga bisa dilakukan dengan berada di area aktivasi paket saat pertama kali membelinya, geng.

Dengan cara ini tentunya bisa menggunakan internet lokal hingga habis untuk berselancar di dunia maya, termasuk untuk streaming drama Korea atau acara lainnya.

2. Mode Pesawat Hidup/Mati

Jika kamu berada di area yang sama dengan lokasi aktivasi paket namun kuota internet lokal masih belum bisa digunakan, kemungkinan jaringan di ponsel kamu sedang bermasalah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat atau Flight Mode di ponsel kamu. Setelah beberapa saat, kamu bisa menonaktifkannya lagi, geng.

Meski terdengar simpel dan sangat mudah, mode on/off pesawat cukup efektif untuk mengatasi jaringan internet yang lemot lho!

3. Matikan Aplikasi VPN

Jika kamu mengaktifkan aplikasi VPN di ponsel Android kamu, maka jangan heran jika kamu tidak dapat menggunakan internet lokal Telkomsel. Sebab, aplikasi VPN membuat lokasi kamu tidak terdeteksi di Indonesia, tetapi di luar negeri sesuai dengan server yang dipilih. Karena itu, kamu pasti tidak dapat menggunakan kuota.

Untuk itu, kamu bisa coba matikan aplikasi VPN terlebih dahulu agar lokasi kamu cocok dengan area aktivasi kuota, geng. Kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini jika ingin menggunakan VPN di kuota lokal Telkomsel.

  • Lakukan pengaturan VPN terlebih dahulu.
  • Unduh berbagai aplikasi VPN di Google Play Store atau App Store.
  • Kemudian buka aplikasi VPN yang telah kamu instal dan klik “Menu Handler”.
  • Kemudian centang opsi “Hapus Port”.
  • Selanjutnya, cari bug paket Telkomsel dan pilih “Hapus Port”.
  • Lalu pergi ke bagian “Real Proxy Type” dan ubah port menjadi kode 80.
  • Klik Simpan dan kamu dapat menggunakan kuota lokal Telkomsel.
✅ BACA JUGA:   Paket Darurat 1GB Telkomsel : Cara Mendapatkannya dan Syarat

4. Hubungi CS Telkomsel

Jika kamu sudah berada di area yang sesuai dan mencoba beberapa cara di atas namun masih gagal, Jaka menyarankan untuk langsung menghubungi Customer Service Telkomsel. kamu dapat menghubungi CS Telkomsel melalui Twitter karena respon yang diberikan oleh CS Telkomsel melalui salah satu media sosial terpopuler biasanya cukup cepat.

Jika kamu tidak memiliki akun Twitter, kamu juga dapat menghubungi nomor CS Telkomsel di 188. Setelah terhubung, kamu dapat menyampaikan keluhan kamu tentang internet lokal Telkomsel yang tidak dapat digunakan.

5. Gunakan Fake GPS

Karena berada di luar area aktivasi kuota internet lokal Telkomsel, maka tidak heran jika kuota ini tidak bisa digunakan untuk internetan.

Untuk itu kamu bisa memalsukan alamat kamu yang sekarang agar terdeteksi di area aktivasi dengan menggunakan aplikasi GPS palsu, geng. Jika kamu masih bingung cara menggunakan GPS Palsu, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu pengaturan di ponsel kamu
  • Pilih jaringan seluler lalu pilih kartu SIM Telkomsel.
  • Kemudian, klik “Access Point Name” atau APN dan klik tanda + untuk membuat APN baru.
  • Klik simpan pengaturan lalu OK,
  • Kemudian unduh dan instal aplikasi Lokasi fake GPS melalui Play Store. Atau bisa klik disini.
  • Kemudian buka aplikasinya. Kemudian Klik Buka Pengaturan dan pilih “Lokasi Salin Aplikasi”.
  • Selanjutnya pilih Fake GPS
  • Pilih lokasi di mana kamu mengaktifkan paket dan kemudian klik tombol panah hijau.
  • Selesai sekarang kamu bisa menggunakannya.