Cara membuka HP Xiaomi yang lupa kata sandi

Cara Membuka HP Xiaomi yang Lupa Kata Sandi

Swakarta News – Kamu sebagai pemilik smartphone Xiaomi tentu ingin privasi dalam gadget terjaga dengan baik. Oleh karena itu, kamu selalu memasang kunci pengaman. Namun, bagaimana jadinya jika kamu malah kelupaan password-nya?. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara membuka HP Xiaomi yang lupa kata sandi tersebut.

Namun, sebagai catatan, beberapa cara yang ada di bawah ini tidak bisa kamu lakukan begitu saja, karena jika terjadi kesalahan. maka HP Xiaomi tersebut bisa rusak. Oleh karena itu, memakai bantuan pihak lain yang ahli merupakan langkah terbaik.

Meski begitu, kamu tetap bisa mencoba cara yang ada di bawah ini. Let’s chekidot.

1.     Service Center

Cara paling mudah dan aman ketika HP Xiaomi terkunci tidak bisa dibuka adalah dengan mengunjungi service center resmi terdekat dari tempat tinggal masing-masing.

Kamu tinggal menyerahkan HP dan menyatakan keluhan yang ada terkait HP Xiaomi tersebut. Nantinya, teknisi di service center akan segera unlock smartphone tersebut sehingga bisa segera kamu gunakan kembali.

Namun, carilah service center terpercaya dan proses unlock-nya bisa kamu tunggu. Mengapa? Karena proses unlock ini sebenarnya sangat cepat. Jadi kamu tidak perlu menitipkan smartphone kesayangan lama-lama.

✅ BACA JUGA:   Pembaruan Versi Android, Apakah Penting?

2.     Reset Pabrik

Cara unlock lain dengan aman adalah dengan memakai fitur reset factory. Metode ini bisa kamu lakukan kapan saja. Namun, sebagai catatan, berbagai data dan aplikasi yang telah kamu install sebelumnya akan hilang dan yang tersisa hanya aplikasi bawaan ketika kamu beli perangkat ini pertama kali.

Cara mereset ulang HP Xiaomi lupa password ini sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah yang ada di bawah ini:

  • Matikan smartphone kamu terlebih dahulu
  • Tekan bersamaan tombol power serta volume up beberapa saat sampai logo Mi terlihat di layar.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi, kliklah pilihan delete data/ factory reset
  • Lalu klik “hapus semua data user” dan lanjutkan dengan klik “reboot system sekarang”
  • Tunggu beberapa saat dan HP Xiaomi kamu sudah bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

3.     Memakai Mi Cloud

Cara membuka pola aplikasi HP Xiaomi tanpa reset lainnya adalah dengan memakai Cloud yang disediakan oleh pihak Xiaomi. Namun, cara ini tidak akan berhasil jika kamu belum pernah melakukan sinkronisasi ke Cloud tersebut.

✅ BACA JUGA:   Intip spesifikasi dan harga Realme Narzo 20 Pro yang segera hadir di Indonesia

Oleh karena itu, setelah membeli gadget segera lakukan sinkronisasi untuk berjaga-jaga jika kamu lupa kata sandinya. Sekaligus untuk backup data yang ada sehingga keamanan file di dalamnya lebih terjaga.

Proses unlock HP juga sangat sederhana. Namun, lebih baik kamu memakai PC (Personal Computer) agar prosesnya lebih lancar. Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  • Pastikan perangkat telah tersinkronisasi dengan Mi Cloud dan aktifkan fitur Find Device sebelumnya pada akun Cloud masing-masing
  • Gunakan komputer/laptop dan masuk pada situs https://i.mi.com kemudian log in dengan username dan password masing-masing
  • Tekan tombol Find Device pada akunmu, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol reset password
  • Setting ulang password tersebut dan simpan. Gunakan password yang sama pada HP Xiaomi dan kamu sudah bisa menggunakan smartphone tersebut seperti sedia kala.

4.     Aplikasi Android Debug Bridge (ADB)

Cara membuka HP Xiaomi yang terkunci akun Mi lainnya adalah dengan memakai aplikasi lain. Nama aplikasi tersebut adalah ADB yang tersedia pada PC . Cara ini sebenarnya mudah, tetapi kamu harus memakai command prompt yang sebagian besar orang tidak familiar dengan hal ini.

Oleh karena itu, mintalah bantuan orang lain untuk melakukan hal ini. Cara memakai aplikasi ini cukup sederhana, yaitu:

  • Matikan HP masing-masing dan tekan power sekaligus volume down bersamaan
  • Kemudian, sambungkan HP dengan PC melalui kabel data
  • Selanjutnya, kamu buka command prompt (CMD) pada direktori ADB
  • Langkah berikutnya, kamu tinggal input “adb shell rm/data/system/gesture.key”
  • Tekan tombol enter pada keyboard dan restart kembali gadget Xiaomi-mu
✅ BACA JUGA:   Deretan Smartphone Pertama di Dunia

5.      Gunakan Android Device Manager

Cara lainnya adalah memakai Android Device Manager dari mesin pencari yang bisa kamu akses di HP atau pc. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Buka situs ADM di browser masing-masing
  • Log in-lah dengan email yang terdaftar pada Mi Account
  • Kliklah menu lock dari ADM tersebut
  • Terakhir kamu tinggal input password baru dan ketik ulang untuk konfirmasi

Sekarang kamu dapat menunggu beberapa saat dan coba input kata sandi baru. Xiaomi-mu pun sudah bisa digunakan lagi.

Setiap cara membuka HP Xiaomi yang lupa kata sandi di atas terbukti berhasil, tetapi pakailah cara terbaik sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jangan coba untuk memperbaikinya sendiri jika kamu tidak yakin akan berhasil, karena bisa merusak gadget kesayangan kamu.

Lihat Juga: