Smartphone pertama

Deretan Smartphone Pertama di Dunia

Pada awal-awal perilisan smartphone OS android, ada 5 handphone dari brand berbeda menggunakannya, semenjak mulai ikutnya brand-brand android di pasaran smartphone di saat itu juga nokia mulai terlupakan, dan sejak itu mulai lah android menguasai pasar smartphone, berikut deretan smartphone pertama yang menggunakan OS android.

1. HTC G1/ Dream (2008)

Android Pertama
HTC Dream atau T-Mobile G1 di Amerika Serikat merupakan smartphone Android pertama di dunia. Google memang sudah memperkenalkan Android sejak November 2007, namun perangkat pertama yang menggunakan OS ini baru bisa dirilis Oktober 2008, yaitu HTC Dream. Jika dilihat dari bentuknya HTC Dream memiliki bentuk sedikit agak aneh.

Bagaimana tidak dengan layar sentuh 3,2 inci berresolusi 32×480 piksel, di bagian dagunya terdapat empat tombol fisik, trackball dan keyboard, dan fisik qwerty yang bisa di slide ke kiri dari perangkat. Smartphone ini hadir pertama kali dengan OS bernama open source yang berintegrasi dengan berbagai layanan Google seperti Gmail, Maps, hingga YouTube. Kehadiran smartphone ini dianggap sebagai revolusioner dan disambut oleh banyak pecinta teknologi pada saat itu.

2. Moto Droid (2009)

Android Pertama

Karena HTC Dream kurang dilirik, hingga pada akhirnya lahirlah brand smartphone yang baru dan terkenal di Amerika Serikat yaitu Moto, dengan nama produk Moto Droid. Perangkat memiliki bodi setipis RAZR, namun memiliki keyboard fisik yang bisa digeser. Moto Droid hadir dengan layar yang lebih bagus dari HTC Dream dan mendapat dukungan marketing dari perusahaan Motorola yang juga bekerja sama dengan Verizon. Pada zamannya Moto Droid menjadi smartphone Android para pecinta smartphone

✅ BACA JUGA:   Pembaruan Versi Android, Apakah Penting?

3. HTC/Google Nexus One (2010)

Android Pertama

Kolaborasi antara Google bersama HTC melahirkan produk Google Nexus One. perangkat ini adalah brand smartphone pertama yang dimiliki Google. Nexus One juga hadir sebagai sebuah perangkat yang apik dan tentunya berkualitas tinggi yang kemudian ditujukan untuk jadi saingan iPhone pada saat itu. Perangkat ini tidak menyerta keyboard seperti dua smartphone Android sebelumnya.

Nexus One juga menggunakan layar OLED dan desain yang indah. Sayang, google nexus one dihadapi dua masalah utama. Pertama, ekosistem Android mulai ramai sehingga semakin banyak pilihan. Satu lagi, ketika itu Apple juga baru merilis iPhone 4. Sehingga pengguna lebih tertarik memilih iPhone 4 ketimbang perangkat ini

✅ BACA JUGA:   Cara Membuka HP Xiaomi yang Lupa Kata Sandi

4. HTC Evo 4G (2010)

Android Pertama

HTC memiliki semangat yang cukup tinggi dengan mencoba mengambil kesempatan dari OS Android, Android merilis adalah HTC Evo 4G pada tahun 2010. Pada saat itu, perangkat ini punya layar yang cukup besar yakni 4,3 inci. Akan tetapi iPhone baru memiliki smartphone yang layarnya 3,5 inci. Sementara, perangkat Andorid lainnya juga tidak memiliki layar sebesar HTC Evo 4G. Perangkat ini juga menggunakan kamera 8MP dan menggunakan OS Android 2.1 yang bisa kamu diperbarui hingga Android 2.3. Memori internalnya 1GB dan dukungan RAM 512MB. Smartphone ini juga didukung chipset Snapdragon S1 dan dukungan baterai 1.500mAh

5. Samsung Galaxy S (2010)

Android Pertama

Debut Samsung di dunia smartphone Android dimulai pada tahun 2009, dengan rilisan pertama yaitu Samsung Galaxy. Android 1.6 di gunakan oleh Perangkat ini. Namun Sayangnya di banyak negara mendapatkan banyak kritikan dari para pengguna. kemudian di tahun 2010, Samsung merilis kembali Samsung Galaxy S (I9008). Perangkat ini hadir dengan menggunakan OS Android 2.1 yang bisa di update hingga Android 2.3. Layar pada perangkat ini sebesar 4 inci dan didukung dengan RAM 512MB, memori intenal 8 atau 16GB. Menggunakan kamera 5MP disertai baterai berkapasitas 1.500mAh.

✅ BACA JUGA:   Smartphone 5G Oppo A74G Termurah di Kelasnya