corona

Hal Yang Wajib Kamu Miliki Selama Pandemi Covid 19

Swakarta – Pemerintah saat ini tengah mengembangkan sebauh aplikasi yang berfungsi melacak penyebaran  virus Covid-19. PArtisipasi setiao usernya sangat penting dengan berbagi data lokasi saat bepergian. Dengan itu akan mempermudah untuk di telusisri riwayat kontak langsung dengan pasien Covid-19.

PeduliLindungi  juga menjadi syarat terbaru dalam bepergian mengguakan transportasi umum maupun pribadi. Berikut ini fungsi dari aplikasi PeduliLindungi :

1. Untuk Mengakses Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Menggunakan aplikasi PeduliLindungi kamu dapat mengakses sertifikat vaksinasi Covid-19 setelah melaksanakan vaksin. Pada saat sertifikat vaksin sudah menjadi syarat perjalanan baik dalam kota maupun luara kota menggunakan transportasi umum ataupun pribadi. Tentu saja kamu bisa mengakses sertifikat vaksin setelah melakukan vaksinasi tahap 1 maupun 2, dengan cara mendaftarkan informasi pribadi seperti, tanggal, dan tempat vaksinasi dilakukan.

2. Pelacakan Penyebaran Covid-19

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini sangat membantu pemerintah atau instansi lainnya dalam melacak penyebaran Covid-19, dalam satu wilayah ataupun keseluruhan. Caranya juga cukup mudah dengan mengaktifkan fitur lokasi atau gps yang ada di handphone mu. Pelacakan tersebut tentunya melibatkan banyak sektor dimulai dari perdagangan, transportasi,wisata, pendidikan, tempat ibadah, maupun fasilitas umum lainnya.

✅ BACA JUGA:   Cara Live Streaming Di IG

3. Memberi Informasi Zonasi dan Notifikasi adanya Keramaian

Aplikasi ini juga membantu para penggunananya untuk mendapatakan informasi mengenai area zonasi penyebaran Covid-19. Dengan memberikan tanda warna merah untuk zona yang ramai terkena virus, kuning untuk zona sedang atau hijau sebagai zona bebas virus. Pengguna juga akan diberitahu dengan cara mendapat notifikasi ataupun pemberitahuan jika berada di tempat keramaian.

4. Pemeriksaan Kesehatan

Kamu juga bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana layanan kesehatan, dengan menggunakan fitur Teledokter jika dirasa memerlukan bantuan dari tenaga kesehatan. Contohnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri dan bisa berkonsultasi juga mengenai kondisi kesehatan kamu.

5. Syarat Masuk Mal atau Pusat Perbelanjaan

Hampir seluruh pusat perbelanjaan atau maal memberlakukan aplikasi PeduliLindungi untuk persyaratan bisa memasuki lokasi pusat perbelanjaan atau mal, paling utama selama masa PPKM ini. Ketika pengunjung masuk ke dalam mal harus menunjukan aplikasi PeduliLindungi kemudian melakukan scan barcode di tempat yang telah disediakan. Persyarat ini sudah diterapkan di wilayah PPKM dengan Level 4, misalnya Surabaya, Jakarta, dan Semarang.

✅ BACA JUGA:   Cara Reset Printer Epson L3110 Panduan Terlengkap

6. Syarat yang Dibawa saat Bepergian

Aplikasi PeduliLindungi juga menjadi syarat wajib ketika dalam perjalanan atau bepergian. Digunakan sebagai syarat perjalanan menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara.

Itulah beberapa fungsi dari aplikasi PeduliLindungi dan menadi hal yang penting kamu miliki di masa pandemi ini dan juaga sebagai syarat penting untuk masyarakat jika ingin menikmati fasilitas umum selama masa pandemi ini.