foto dan video tidak muncul

Begini Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri

Setiap ponsel dilengkapi dengan aplikasi galeri yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau video yang tersimpan di perangkat. Namun terkadang kita juga menemukan masalah dimana foto dan video yang seharusnya berada di galeri ternyata tidak ada.

Tak perlu panik, jika foto tidak muncul di galeri android merupakan masalah umum dan sering terjadi. Lalu bagaimana solusi agar foto dan video tersebut kembali muncul dalam ponsel kita?

Perangkat Android, entah itu ponsel merk Xiaomi, Oppo, Asus bahkan Samsung sekalipun permasalahan hilangnya foto dari galeri bisa terjadi. Ini bisa dialami tidak hanya pada ponsel low-end saja, bahkan ponsel high-end pun terkadang terjadi.

Penyebab Foto dan Video tidak Muncul di Galeri

Saat kita melakukan perpindahan data, mendowload ataupun mengambil gambar melaui kamera, ponsel membutuhkan waktu untu memproses gambar atau video tersebut untuk selanjutnya disimpan kedalam galeri ponsel.

✅ BACA JUGA:   Rekomendasi 5 Aplikasi GPS Terbaik

Namun pada prakteknya, terkadang sistem mengalami kegagalan dalam memproses file tersebut. Kegagalan ini bisa saja terjadi karena aplikasi galeri yang bermasalah atau mungkin format file yang tidak dapat terbaca oleh perangkat.

Mengatasi Foto dan Video yang Tidak Muncul di Android

Tak perlu panik jika masalah tersebut terjadi pada perangkat ponsel Android anda. Ada beberapa cara untuk mengatasi galeri yang tidak memunculkan gambar atau video, mari simak caranya.

Menyalakan Ulang Perangkat Ponsel

Terkadang ponsel mengalami kelebihan beban akibat banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Hal ini tentu saja mempengaruhi kinerjadi dari ponsel tersebut.

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali ponsel tersebut. Saat ponsel dimatikan, sistem akan otomatis mematikan semua aplikasi yang berjalan. Saat ponsel kembali dihidupkan, maka semua proses akan di jalankan ulang dan membuat sistem kembali bekerja seperti seharusnya.

✅ BACA JUGA:   6 Langkah Mudah Cara Aktifkan Split Screen Android Pie

 Memasang Ulang Memori Card

Terkadang kartu memori juga bisa mengalami kegalan sistem, sehingga dia tidak mampu membaca perpindahan file yang terjadi dalam ponsel. Jika foto dan video yang tidak muncul berada dalam kartu memori, cobalah untuk melepas kartu memori dan pasang kembali.

Menghapus Cache Aplikasi Galeri

Cache adalah proses menyimpan data sementara sehingga situs, browser, atau aplikasi tidak perlu mengunduh data tersebut berulang kali. Jika tidak dibersihkan secara berkala, maka file tersebut akan menumpuk dan membebani aplikasi yang mungkin bisa menyebabkan error.

Untuk itu lakukan pembersihan cache yag ada pada aplikasi, sehingga file-file sementara tersebut tidak lagi membebani aplikasi. Berikut cara membersihkan cache berdasarkan versi Androidnya :

Android 5.0 Kebawah

  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Pada tab Semua Aplikasi, pilih Aplikasi Galeri
  • Tekan pilihan “Paksa Berhenti” lalu tekan ya
  • Dibagian bawah ada pilihan “Hapus Data” dan “Hapus Cache”

Android 6.0 Keatas

  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Pada tab Semua Aplikasi, pilih Aplikasi Galeri
  • Tekan pilihan “Paksa Berhenti” lalu tekan ya
  • Tekan “Penyimpanan”
  • Dibagian bawah ada pilihan “Hapus Data” dan “Hapus Cache”
✅ BACA JUGA:   Rekomendasi Aplikasi Mengerjakan Soal Matematika Terbaik Untuk Android 2021

Setelah melakukan pembersihan cache tersebut, silahkan kembali buka galeri pada ponsel. Biasanya file yang tidi tidak muncul sekarang sudah bisa dibuka.

Pindahkan Foto ke Memori Internal

Beberapa perangkat aplikasi tidak dapat membaca foto atau video jika tersimpan dalam kartu memori. Untuk itu coba pindahkan file yang tidak terbaca/tidak mucul tersebut kedalam memori internal ponsel. Untuk mencari filenya bisa dilihat melalui aplikasi file manager bawaan ponsel.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Terkadang aplikasi galeri bawaan ponsel memiliki beberapa keterbatasan, sehingga terkadang foto dan video yang tersimpan tidak terbaca. Salah satunya alternatifnya adalah dengan mengunduh aplikasi galeri dari pihak ketiga yang cukup mudah ditemukan di playstore.

Itulah beberpa solusi untuk mengatasi foto dan video yang tidak muncul di galeri. Selamat mencoba!

Lihat Juga: