cara kerja kulkas 2 pintu

Berikut Ini Cara Kerja Kulkas 2 Pintu!

Swakarta.com – Cara kerja dari kulkas 2 pintu sebenarnya sama saja dengan kulkas yang 1 pintu. Hanya saja pada kulkas 2 pintu ada sebuah sistem tambahan yang berfungsi untuk menghilangkan bunga es yang muncul pada freezer kulkas. Sistem tambahan ini yang disebut sebagai defrost.

Prinsip kerja kulkas pada umumnya adalah memindahkan panas dari suatu ruangan ke tempat lain. Dalam hal ini panas yang berada di dalam kulkas maka di pindahkan ke luar kulkas. Sehingga lama kelamaan suhu yang ada di dalam kulkas akan menurun dan menjadi dingin.

Bagian bagian kulkas 2 pintu

Beberapa komponen utama yang ada pada sistem pendingin kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut :

1. Kompresor kulkas

Kompresor kulkas adalah komponen inti di dalam kulkas yang berfungsi untuk menghisap gas freon dari evaporator kemudian mengalirkannya ke kondenser untuk didinginkan. Kompresor pada dasarnya adalah sebuah pompa listrik yang bisa menghisap yang kemudian meningkatkan tekanan gas menjadi cukup tinggi.

✅ BACA JUGA:   Mudah Banget!, Begini 4 Cara Mengunci Titik GPS

2. Kondenser

Kondenser berbentuk seperti kumparan pipa tembaga yang berfungsi sebagai pendingin suhu gas freon. Letak kondenser biasanya terletak pada bagian belakang kulkas.

3. Katup ekspansi

komponen ini berfungsi untuk menurunkan tekanan yang ada pada freon sebelum kemudian dialirkan ke dalam evaporator. Bentuk dari katup ekspansi yaitu seperti pipa kapiler dengan dua buah lubang yang memiliki perbedaan pada penampang.

4. Evaporator

Evaporator biasanya terletak pada bagian dalam kulkas yang juga berfungsi untuk menyerap panas yang ada di dalam ruangan freezer kulkas. Bentuk dari evaporator sama dengan kondenser yang terdiri dari jalinan pipa yang berbentuk seperti kumparan.

5. Thermostat

Thermostat mempunyai fungsi untuk mengendalikan kerja dari kompresor sesuai dengan suhu yang sudah kamu atur. Di kulkas 2 pintu relai yang ada di dalam thermostat akan mengatur perpindahan aliran listrik dari kompresor menuju defrost ketika sistem defrost diaktifkan.

✅ BACA JUGA:   Sudah Tau Cara Cek No Resi Pos? Simak Berikut Ini

Cara kerja kulkas 2 pintu

Cara kerja dari kulkas 2 pintu di awali mengalirkan gas freon yang ada di dalam evaporator yang memiliki suhu dan juga tekanan yang rendah. Saat mengalir ke dalam evaporator, suhu panas tersebut kemudian diserap oleh gas freon yang ada pada pipa evaporator. Maka akibatnya freon yang tadinya berbentuk cair berubah menjadi gas dengan suhu yang tinggi karena menyerap panas yang ada di dalam kulkas.

Kompresor menghisap freon yang sudah menjadi gas di dalam evaporator. Selanjutnya, kompresor akan meningkatkan tekanan gas freon sebelum dialirkan ke dalam kondenser. Di dalam kondenser, gas freon yang awalnya berbentuk gas dan juga mempunyai suhu dan tekanan yang tinggi ini kemudian didinginkan oleh jaringan pipa kondenser yang panjang dan juga berliku.

✅ BACA JUGA:   Aplikasi Cetak Foto! Lihat Rekomendasinya

Proses dari pendinginan gas ini dibantu oleh kipas kondenser sehingga suhu pada gas freon akan semakin menurun dan pada akhirnya berubah menjadi cairan. Sebelum akhirnya dialirkan kembali ke dalam evaporator, freon yang sudah bersuhu rendah dan juga bertekanan tinggi akan melewati katup ekspansi terlebih dahulu.

Kemudian Katup ekspansi akan melakuakn penurunan tekanan pada freon sehingga yang keluar dari katup ekspansi menjadi bentuk cair dengan tekanan yang rendah. Selanjutnya Gas freon akan kembali lagi beredar ke dalam pipa evaporator.

Lihat Juga: