kuota flash telkomsel

Kuota Flash Telkomsel : Apa Itu, Harga dan Cara Menggunakan

Swakarta.com – Kuota Flash Telkomsel – Telkomsel merupakan salah satu provider besar di Indonesia yang memiliki jaringan luas dari Sabang sampai Merauke. Disaat provider lain disibukkan dengan perang harga dalam beberapa tahun terakhir, berbeda dengan si merah asal Indonesia yang membangun infrastruktur dan jaringan di berbagai pelosok, bahkan sampai ke pulau-pulau terpencil.

Namun, kita semua tahu bahwa Telkomsel sendiri memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan provider lain di Indonesia, baik dari segi paket SMS, telepon, maupun internet. Jika dilihat dari segi internet, paket data yang dimilikinya akan lebih kecil dibandingkan provider lain jika dilihat dari harga yang sama.

Selain itu, Telkomsel sendiri memiliki berbagai layanan, seperti simPATI, kartu AS, Loop, hingga kartu HALO. Dalam layanan ini juga terdapat paket internet yang bisa dibilang menarik dan terkenal dengan sebutan Paket Flash.

Kuota Flash Telkomsel

Munculnya berbagai jenis paket data internet sangat bervariasi. Hal ini tergantung pada operator kartu dan bagaimana dan nama apa yang diberikan operator kartu untuk menamai paket data seluler tersebut.

kuota flash adalah

Pengertian Kuota Flash Telkomsel

Kuota Flash Telkomsel merupakan penawaran paket internet berbasis Volume yang dapat diakses melalui jaringan Telkomsel dengan pilihan kuota yang berbeda untuk setiap produk (simPATI, Kartu As, Loop, dan kartuHALO). Paket Flash dapat dibeli secara berlangganan atau sebagai pembelian satu kali.

Dalam paket Flash sendiri biasanya terdapat kuota Flash dan Flash 4G. Bisa dibilang kuota Flash sendiri adalah kuota internet yang disediakan oleh Telkomsel hanya untuk penggunaan di jaringan 2G dan 3G. Sedangkan kuota Flash 4G ini merupakan kuota internet Telkomsel yang dapat digunakan untuk jaringan internet 4G-LTE. Bisa dibilang kuota Flash 4G ini akan digunakan jika ada jaringan 4G-LTE di lokasi pengguna.

Namun kuota Flash untuk jaringan 2G atau 3G akan otomatis digunakan jika tidak ada jaringan 4G-LTE di lokasi pengguna atau smartphone tidak mendukung teknologi 4G-LTE. Bahkan kartu SIM lama pun bisa menjadi penyebabnya, jadi kamu harus mengupgrade kartu SIM kamu ke yang mendukung jaringan 4G-LTE.

✅ BACA JUGA:   14 Cara Menghubungkan No Hp ke Higgs Domino, Lengkap

Untuk itu kamu bisa dengan bijak menggunakan Telkomsel untuk menjelajah internet karena biasanya kuota internet akan dibagi menjadi Flash, Flash 4G, Videomax, HOOQ, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, jaringan 4G-LTE sebenarnya belum merata, namun biasanya setiap provider menyediakan paket 4G dengan kuota yang sangat besar untuk menarik pelanggan bermigrasi menggunakan 4G dengan intensitas yang sering.

Jika merasa jaringan 4G-LTE di wilayahnya tidak rata atau lambat, mungkin lebih baik hemat dalam menggunakan kuota internet dari SIM card. Kini semakin tinggi harga paket yang dibeli, semakin banyak kuota internet yang dibeli.

Bahkan, selisihnya bisa dikatakan sangat besar antara paket Rp. 59 ribu dan Rp. 125 ribu. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi kamu dalam memilih paket internet Telkomsel agar tidak menyesal di kemudian hari.

Cara Menggunakan Kuota Flash Telkomsel

Jika kamu pengguna internet aktif atau pernah menggunakan layanan internet dari operator lain, kamu tidak akan kesulitan menggunakan paket ini karena paket Flash sebenarnya merupakan layanan umum yang ditawarkan oleh Telkomsel simPATI.

kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang terkoneksi internet seperti Facebook atau browser untuk dapat menikmati paket Flash. Karena sifatnya yang generik, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengakses sesuatu tanpa hambatan dan kondisi apa pun. Hal ini berbeda dengan bonus tengah malam atau bonus data lokal yang hanya dapat digunakan pada waktu-waktu tertentu.

Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin repot bersenang-senang di internet, maka paket ini wajib kamu pilih. Memang harganya cukup mahal, namun sebanding dengan coverage terbaik di Indonesia saat ini.

Perbedaan Paket Data Dan Paket Flash

Yang dimaksud dengan paket data sebenarnya adalah kuota internet yang disediakan oleh Telkomsel dan dapat digunakan oleh kamu yang berada di lokasi tertentu. Paket data ini akan habis, baik digunakan atau tidak.

Berbeda dengan paket flash yang sebenarnya sama dengan kuota internet. Namun kuota paket flashdisk ini bisa kamu gunakan dimana saja walaupun berada di luar daerah. Sekarang! Kuota paket flash ini berbeda dengan data lokal yang hanya bisa digunakan di satu kota atau kabupaten.

✅ BACA JUGA:   Cara Cek Kuota Indosat, Mudah Dan Praktis!

Jika menggunakan paket flash di luar kabupaten tetap bisa digunakan asalkan terkoneksi dengan provider. Satu hal yang perlu kamu pahami, bahwa paket flash sebenarnya adalah bagian dari paket data. Yang mana jika disampaikan bahwa paket data mencakup 75%, berbeda dengan paket flash hang yang merupakan bagian dari paket data yang hanya mencakup 25%.

Kamu bisa mengetahui rahasia lain seputar paket data dan kuota flashdisk yang sering ditanyakan. Sekarang! Di sini dapat disimpulkan mengenai kecepatan jaringan, jika menggunakan paket data di smartphone kecepatannya bisa mencapai 62,0 mbps bahkan sampai 4G, lain halnya jika paket ini masuk pada perangkat modem yang hanya memiliki kecepatan sekitar 42,0 mbps.

Mengingat paket flash dan paket data sering menjadi pertanyaan, terkadang kita memang tidak tahu mengapa paket flash lebih cepat habis daripada paket data. Sekarang! Hal ini juga ada hubungannya dengan apa yang dikemukakan pada poin kedua tadi.

Bahwa paket flash adalah bagian dari paket data. Jadi jangan heran jika paket flash pertama cepat habis. Pasalnya, paket flash hanya memiliki persentase 25% sedangkan sisanya dimiliki oleh paket data. Selain itu, penyebab kuota flashdisk sering habis duluan adalah karena paket flash memang paket yang digunakan terlebih dahulu. Jadi jangan heran kenapa paket flashdisk sering habis duluan?

Sepintas, jika kita membaca judulnya, sebenarnya sudah cukup mewakili isi penjelasannya kali ini! Benar sekali! Bahwa paket data bisa didapatkan karena kamu berlangganan dengan menggunakan flash card. Berbeda dengan definisi, jika paket flash adalah paket yang bisa kamu pilih dari paket data ini.

Cara Cek Kuota Telkomsel Termudah

Beberapa cara tersebut dapat dilakukan untuk memudahkan pelanggan dalam mencari informasi tentang kuota Telkomsel.

1. Menggunakan Kode Panggil

Untuk bisa cek kuota pertama Telkomsel, kamu bisa menggunakan kode dial dengan mudah, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Lakukan panggilan ke *888# di ponsel yang kamu gunakan. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang menampilkan informasi pengecekan kuota dan pulsa.
  • Silakan masukkan kembali nomor yang memiliki cek kuota tertulis di dalamnya. Kemudian setelah itu notifikasi request sedang diproses, tunggu beberapa saat.
  • Setelah itu, operator akan mengirimkan SMS notifikasi sisa kuota internet Telkomsel yang kamu miliki saat ini. Metode ini dapat berubah saat operator memperbaruinya.
✅ BACA JUGA:   6 Cara Blokir Channel Youtube di Android Dengan Mudah

2. Menggunakan SMS

Selanjutnya cara cek kuota Telkomsel bisa melalui SMS, gratis. Caranya ketik UL (SPASI) INFO kemudian sms dikirim ke nomor 3636, jika sms sudah terkirim tunggu sampai ada balasan dari nomor 3636.

Cara lain yang bisa dilakukan jika tidak mendapatkan balasan konfirmasi yaitu dengan mengetik Flash (SPASI) infov2, mengirimkannya ke 3636.

3. Menggunakan aplikasi MyTelkomsel

Sebagian besar pelanggan Telkomsel mungkin memiliki aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur untuk memanjakan penggunanya, termasuk pengecekan kuota. Berikut cara cek kuota melalui aplikasi ini:

Download aplikasi MyTelkomsel di ponsel kamu. Buka aplikasi, login dengan nomor Telkomsel kamu. Klik lanjutkan dan verifikasi dengan kode uang yang dikirim melalui SMS.

Pada menu utama aplikasi ditampilkan informasi penggunaan kuota dan selebihnya. Untuk melihat lebih detail, klik jumlah kuota. Ada detail kuota lengkap seperti kuota internet, 4G, videomax dan masih banyak lagi.

4. Menggunakan website telkomsel.com

Kamu juga dapat melakukan pengecekan kuota melalui web telkomsel.com. berikut langkah-langkahnya :

  • Buka situs my.telkomsel.com, lalu masukkan nomor Telkomsel kamu. Kemudian klik kirim kode dan kamu akan mendapatkan kode verifikasi.
  • Selanjutnya, masukkan empat digit nomor verifikasi ke kolom di situs. Selesai, muncul informasi kuota internet dan kuota pulsa.

5. Cek kuota Telkomsel melalui email

Cek kuota Telkomsel juga bisa melalui email cs@telkomsel.co.id, cukup kirim pesan untuk meminta cek kuota.

6. Cek kuota Telkomsel melalui customer service

Terakhir, kamu dapat melakukan pengecekan kuota Telkomsel dengan menghubungi customer service yaitu dengan menghubungi nomor 188. Panggilan ini dikenakan biaya sebesar Rp. 300.