aplikasi membuat flowchart

Aplikasi Membuat Flowchart Gratis dan Mudah Digunakan

Swakarta News – Tampilan presentasi bisa menjadi lebih menarik dengan menggunakan aplikasi membuat flowchart. Dengan flowchart menarik, pesan yang akan disampaikan bisa lebih mudah dipahami sekaligus menarik untuk dilihat.

Flowchart merupakan diagram atau bagan alir yang bisa digunakan untuk menampilkan langkah-langkah suatu pekerjaan. Diagram ini menjadi ilustrasi untuk mempermudah pemahaman apa yang ingin disampaikan oleh pembuat flowchart.

Untuk membuat flowchart yang menarik, saat ini telah banyak aplikasi bisa dimanfaatkan. Beberapa aplikasi untuk membuat flowchart juga bisa digunakan secara gratis sehingga sangat membantu penggunanya. Beberapa aplikasi flowchart gratis di antaranya seperti berikut ini :

Rekomendasi Aplikasi Membuat Flowchart Gratis Terbaik

Saat ini ada banyak aplikasi flowchart yang bisa digunakan untuk membuat diagram alir menjadi lebih menarik. Semakin menarik flowchart yang digunakan maka akan menarik minat lebih banyak orang. Beberapa di antaranya bahkan bisa digunakan secara gratis, seperti berikut ini:

  1. GitMind

Salah satu aplikasi untuk membuat flowchart gratis yang paling sering digunakan adalah GitMind. Aplikasi ini mampu membuat flowchart dengan beragam model mulai dari bagan organisasi, diagram UML, tulang ikan, diagram pohon dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

✅ BACA JUGA:   Pembaruan Versi Android, Apakah Penting?

Selain memiliki banyak pilihan flowchart, aplikasi ini juga cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu menjalankan fungsionalitas drag dan drop untuk membuat struktur flowchart. Lebih menarik lagi, hasil olahan diagram bisa di ekspor menjadi berbagai format file seperti JPEG, SVG, PNG dan PDF.

  1. Microsoft Visio

Microsoft Visio merupakan salah satu aplikasi untuk bikin flowchart yang sudah sangat populer. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat beragam jenis diagram seperti denah rumah, diagram alur, bagan, desain teknik dan masih banyak lagi.

Salah satu hal yang menarik dari Microsoft visio ini adalah diagram bisa dikerjakan oleh beberapa orang secara bersamaan. Pengguna juga bisa mengkoneksikan flowchart dan diagram secara real time sehingga hasil perubahan akan langsung terlihat oleh anggota lain.

  1. yED Graph Editor

Ini merupakan aplikasi desktop yang biasa digunakan untuk membuat flowchart dengan cepat dan efektif. yED Graph Editor bisa digunakan untuk semua platform mulai dari Windows, Unix/Linux dan juga Mac OS X.

✅ BACA JUGA:   Totorial Download Video Tik-Tok Tanpa Watermark Di Jamin Bisa

yED Graph Editor menawarkan berbagai bentuk diagram yang bisa dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Pengguna juga bisa membuat diagram secara manual atau mengimpor dari data eksternal untuk membuat beragam bagan seperti mind map dan ERD.

  1. Pencil

Pencil merupakan aplikasi open source gratis yang biasa digunakan untuk membuat prototipe antarmuka pengguna grafis atau dikenal juga dengan istilah GIU. Aplikasi flowchart ini juga dibekali dengan berbagai fitur seperti shape, elemen flowchat dan banyak lagi.

Tidak hanya membuat diagram secara manual, pencil juga mendukung pembuatan diagram yang diekspor dari data eksternal. Lebih menariknya lagi, aplikasi ini terintegrasi dengan openclipart.org sehingga memudahkan penggunanya untuk mencari clipart di internet.

  1. Gliffy Diagram

Gliffy Diagram merupakan aplikasi flowchart yang digunakan secara online. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat beragam flowchart, diagram venn atau bentuk lainnya sesuai kebutuhan.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya versi yang terintegrasi dengan Jira dan Confluence dan perangkat lunak manajemen bug. Keunggulan ini memungkinkan penggunanya untuk lebih cepat dalam membuat flowchart yang diinginkan.

  1. ConceptDraw

Conceptdraw merupakan aplikasi yang terdiri dari tiga gabungan aplikasi desain untuk digunakan membuat flowchart menarik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat berbagai bentuk diagram, mind map dan juga manajemen proyek.

✅ BACA JUGA:   Template Twibbon Hari Kusta Internasional 2022, Gratis Download

ConceptDraw memiliki ratusan templet yang bisa digunakan secara gratis. Pengguna juga bisa membuat desain elemen stencil yang kompatibel dengan Visio dan bisa diinstal ke platform Microsoft Windows atau Apple Mac. Aplikasi untuk membuat bagan alur ini bisa dicoba secara gratis atau bisa juga membeli lisensi untuk menggunakan semua templet yang disediakan.

  1. Creately

Creately menyediakan cara membuat flowchart secara online melalui desktop dan juga platform seluler. Selain bisa digunakan untuk membuat diagram, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat map atau peta.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah menawarkan beragam template menarik yang bisa dicoba secara gratis. Untuk template yang lebih lengkap, kamu bisa memilih paket berbayar.

Flowchart sangat berguna baik dalam dunia kerja maupun sekolah. Dengan hadirnya aplikasi flowchart gratis ini, akan memudahkan banyak orang untuk membuat diagram yang dibutuhkan. Gunakan aplikasi pembuat flowchart yang terbaik agar hasilnya lebih maksimal.

Lihat Juga: