control panel hosting

Sudah Tau Cara Kerja Control Panel Hosting? Simak Berikut Ini!

Swakarta.com – Membuat sebuah website akan menjadi mudah dan juga menyenangkan jika kamu sudah mengenal yang namanya control panel. Para pengguna hosting biasanya pasti sudah tahu fungsi dan juga manfaat dari tools yang satu ini. Hanya saja bagi kamu yang baru saja terjun ke dalam dunia hosting ataupun website tentu kamu akan bertanya, bagaimana sih cara penggunaan dari alat yang satu ini. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, di kesempatan ini kita akan membahas “cara kerja control panel hosting” secara keseluruhan.

Cara Kerja Control Panel Hosting

Kegunaan Control Panel

Dengan menggunakan Control Panel kamu bisa melakukan beberapa fungsi seperti berikut ini:

  • Membantu kamu ketika menginstal software, contoh, ada WordPress, drupal, Joomla, dan PrestaShop.
  • Beragam software yang bisa kamu gunakan untuk beragam kebutuhan kamu seperti toko online, web berita ataupun komunitas.
  • Menambahkan nama domain dan juga subdomains ke dalam akun hosting kamu demi mendapatkan kemudahan yang sesuai dengan kuota yang diberikan oleh layanan.
  • Melakukan upload files secara langsung kedalam servernya, kamu bisa langsung melakukan upload beragam file yang tersimpan ke dalam server.
  • Mengelola akun FTP untuk bisa mengupload file melalui FTP. Dengan adanya fitur FTP ini kamu bisa mengupload file dengan lebih mudah dan juga cepat. Hanya perlu mengatur dan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ada juga timer yang bisa kamu atur sesuai dengan jadwal.
  • Membuat dan juga mengelola database untuk menyimpan konten Secara tidak langsung ke dalam database yang ada pada hosting, makak secara otomatis akan menyimpan konten dengan baik. Jika terdapat virus ataupun malware yang meresahkan maka database kamu masih tetap aman.
  • Memperkuat security dengan kamu dengan beberapa cara yang berbeda pada Hosting dan juga Control Panel di website. Kamu hanya perlu menyeting beberapa keamanan yang perlu kamu tambah dan yang tidak kamu perlukan dalam Control Panel.
  • Di dalam alat ini juga terdapat tambahan plugin yang bisa memperkuat keamanan dari website kamu lebih dalam lagi.
  • Melakukan diagnosa terhadap isu yang ada pada komputer kamu. Jika ada isu ataupun file yang berbahaya maka Control Panel ini akan mudah mengenalinya sebelum terjangkit.
✅ BACA JUGA:   Sudah Tau Bagaimana Cara Menggunakan Voucher XL?, Simak Berikut Ini

Cara Akses Control Panel

1. Install Software

Masuk ke dalam Control Panel artinya kamu bisa berselancar  dan juga melakukan apa saja dengan mudah, salah satunya yaitu install software yang ada didalam softaculous. Biasanya, softaculous ini terletak di bagian paling bawah.

2. Cara Menambah Domain dan Subdomain

Untuk bisa menambah domain maka akan disesuaikan dengan paket hosting yang kamu gunakan. Biasanya terdapat layanan add-on-domain yang bisa kamu gunakan, namun ada juga yang tidak menyediakan layanan yang satu ini.

Biasanya, ketika melakukan hosting sudah ada bawaan domain yang sudah bisa kamu gunakan. Untuk mengatur domain yang sudah dijadikan menjadi satu dengan hosting maka silakan saja kamu klik pada domain.

✅ BACA JUGA:   10 Cara Klaim Chip Sedekah Higgs Domino dengan Mudah dan Praktis

Kemudian jika kamu ingin menambah subdomain tinggal kamu klik saja pada subdomain yang ada pada bagian layanan. Subdomain ini bisa kamu gunakan untuk memperbesar domain dan juga mengatur berbagai fungsi yang lainnya dari setiap domain.

3. Cara Upload File

Biasanya, untuk melakukan upload bisa kamu gunakan dua cara, simak di bawah ini :

1. File Manager

Adapun kinerja dari file manager ini adalah untuk mengupload file langsung ke dalam browser. Dengan menggunakan file manager ini bisa dikatakan kamu akan lebih mudah dan singkat, jika dibanding dengan cara yang kedua, karena kamu harus menggunakan program yang lain untuk mendukung aksesnya.

Apabila kamu ingin mengupload beberapa file secara bersamaan maka penggunaan dari file manager akan lebih tepat untuk kamu gunakan.

✅ BACA JUGA:   6 Cara Nonton Netflix Di Indihome Dengan Lengkap

2. FTP Accounts

Alat ini bisa menghubungkan kamu dengan server web yang kamu miliki melalui sebuah program yang disebut dengan nama FTP Program. Biasanya, FTP accounts ini bisa kamu gunakan untuk mengupload sebuah file yang agak besar.