laptop untuk pelajar

Pilihan Laptop Pelajar Terbaik untuk Pembelajaran Daring

Swakarta News – Saat ini banyak orang mencari laptop pelajar terbaik yang nantinya akan digunakan untuk metode pembelajaran daring di masa new normal. Karena adanya pandemi, kegiatan belajar mulai dialihkan menjadi sistem pembelajaran daring atau secara online.

Tentu saja ada peralatan yang dibutuhkan seperti laptop dan jaringan internet. Tapi sebenarnya HP smartphone juga dapat digunakan, walaupun kekurangannya terletak di bagian layarnya saja. Kamu jadi tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan layar sekecil HP.

Oleh karena itu dibutuhkanlah laptop sehari-hari untuk membantu metode pembelajaran daring. Dengan adanya laptop, proses pembelajaran menjadi mudah untuk dilakukan apalagi jika laptop itu juga digunakan untuk mencatat materi sembari mendengarkan penjelasan materi.

Spesifikasi Laptop Pelajar Terbaik yang Dapat Menjadi Acuan

Untuk melihat kemampuan dari laptop ada beberapa spesifikasi khusus yang dapat dijadikan sebagai acuan. Acuan ini dapat digunakan sebelum membeli laptop kamu nantinya. Beberapa spesifikasi dapat berupa Ram, Prosesor, Memori dan juga VGA. Berikut ini penjelasan singkatnya.

✅ BACA JUGA:   Lupa Kata Sandi FB?, Simak Cara Berikut Untuk Login Kembali

RAM

Pelajar di bangku sekolah dasar hingga menengah ke atas sebenarnya tidak terlalu membutuhkan penggunaan Ram besar. Hal ini dikarenakan minimnya penugasan yang melibatkan aplikasi dalam laptop.

Meskipun, kamu lebih disarankan untuk membeli dengan minimal 2 Gigabyte. Perlu diingat jika itu adalah batas minimalnya.

Jika kamu membeli yang lebih besar kapasitas Ramnya maka akan semakin bagus. Karena jika semakin besar kapasitas Ram, maka akan semakin lancar juga ketika digunakan dalam aplikasi pembelajaran daring seperti video conference online.

Prosesor

Komponen utama dalam laptop pelajar terbaik yang dapat meningkatkan performanya dan kualitasnya adalah pada bagian prosesor. Untuk pelajar prosesor intel lebih disarankan karena tidak mudah panas dan cocok jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Sekedar info, prosesor saat ini bisa dibedakan menjadi 2 kategori yaitu intel dan AMD. Prosesor intel lebih populer karena kemampuannya memang unggul. Untuk pilihan, prosesor intel core 3 bisa menjadi batas minimum spesifikasi sebelum kamu membelinya.

Memori

Jika prosesor dan ram dapat dikatakan sebagai penentu kemampuan dan kualitas sebuah laptop, lain halnya dengan memori. Untuk pelajar memori yang dibutuhkan setidaknya sebesar 500 Gigabyte supaya dapat menyimpan banyak file tugas hingga file penting.

✅ BACA JUGA:   Rekomendasi CCTV Harga dibawah Rp 500 Ribu

Namun jika kamu ingin lebih murah dan akan digunakan sebagai keperluan tugas saja, memori 128 Gigabyte dapat menjadi pilihan alternatif. Tetapi batas minimum adalah sebesar 500 Gb, untuk 128 tidak disarankan karena dalam waktu lama penggunaannya akan sangat terbatas.

VGA

Komponen ini bisa dikatakan sebagai penentu kualitas sistem grafisnya. Kamu tidak perlu begitu memikirkannya jika digunakan untuk tugas sekolah dasar saja.

Namun jika untuk sekolah tingkat menengah ke atas, VGA akan sangat membantu proses pembelajaran dan penugasan. Pada dasarnya setiap komponen dalam laptop itu penting.

Hanya saja, semua itu tergantung dari penggunaan dan kebutuhan yang diperlukan oleh seorang pelajar. Spesifikasi laptop pelajar terbaik bisa kamu beli dengan spesifikasi minimal yang sudah disebutkan sebelumnya.

GPU

Komponen ini menjadi salah satu bagian dalam sebuah VGA. Sederhananya sistem pada grafik laptop kamu juga akan terpengaruh dengan GPU yang digunakan. Jika serinya tinggi maka kualitas gambar juga akan semakin bagus dan tentunya itu sangat berguna.

✅ BACA JUGA:   Cara Mendafatrkan Kartu Perdana Atau Kartu Paket All Operator

Tampilan gambar pada video pembelajaran akan semakin bagus dan tampak jelas. Secara GPU sendiri merupakan singkatan dari grafik prosesor unit yang fungsinya sama seperti prosesor pada laptop tapi lebih dikhususkan untuk grafik.

Tipe Memori

Sebelumnya kamu sudah mengerti bagaimana spesifikasi laptop pelajar terbaik jika dilihat dari kapasitas memorinya. Namun dari memori yang beredar, ada 2 tipe dalam serinya, yaitu SSD dan HDD.

Keduanya memiliki performa yang berbeda dalam kebutuhan penggunaan. Tipe SSD diyakini lebih cepat dalam membaca dan mengolah data sehingga performanya jauh lebih unggul.

Sedangkan untuk HDD performanya di bawah tipe SSD namun harganya lebih murah. Untuk keperluan belajar, HDD lebih disarankan karena murah dan kapasitasnya lebih besar.

Mengetahui komponen dalam laptop adalah suatu kebutuhan yang diperlukan agar dalam memilih kamu bisa mengetahui apa kegunaannya. Laptop pelajar terbaik tidak perlu berharga mahal karena kegunaannya tidak serumit laptop spesifikasi tinggi lainnya.