menghitung Pdee

Mengenal TDEE Ketika Menurunkan Berat Badan Atau Diet

Swakarta.com – Menurunkan berat badan adalah cara yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika merasa badanya terlalu gemuk atau berat badannya yang berkelebihan cara yang dilakukan biasanya mengurangi porsi makan. Agar diet yang anda lakukan sukses, Anda juga perlu mengetahui tentang Total Daily Energy Expenditure atau yang sering kita sebut dengan singkatan TDEE. TDEE merupakan jumlah kalori yang akan Anda bakar di setiap harinya.

Dengan mengetahui tentang kalori yang masuk dan juga dibakar pada tubuh anda bisa and jadikan cara yang cukp efektif untuk menurunkan berat badan anda. Sebab, ketika saat jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dari kalori yang anda dibakar, maka berat badan anda perlahan-lahan akan mengalami penurunan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mencek Data Lengkap Siswa?, Simak Cara Berikut Ini.

Mengenal apa itu TDEE ketika melakukan Diet

Apa itu TDEE dan apa bedanya dengan BMR?

Pada dasarnya BMR dengan TDEE itu berbeda karena hitungan pada TDEE lebih rinci dibandingkan dengan BMR, TDEE mengukur dari jumlah kalori total yang dibutuhkan oleh tubuh saat melakukan semua gerakan baik secara fungsi dasar maupun dari gerak tambahan.

Sementara itu, BMR digunakan hanya untuk mengukur jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh ketika menjalankan fungsi dasarnya saja. Jadi, anda bisa menyimpulkan bahwa angka pada TDEE secara umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan BMR. Semakin tinggi aktivitas fisik dari seseorang, maka angka pada TDEE pun akan semakin besar juga. Karena, kalori yang dibakar ketika bergerak lebih besar jika anda bandingkan saat anda sedang duduk ataupun tidur.

Baca Juga:  Lebih Kecil, Segini Kapasitas Baterai iPhone 12 Pro Max?

TDEE dan penurunan berat badan

TDEE penting juga anda ketahui ketika anda menurunkan berat badan anda, kalori yang berlebihan akan disimpan dalam bentuk lemak. Makanya ketika anda makan gorengan atau yang tinggi kalori secara berlebihan akan menumpuk menjadi lemak.

Cara paling ideal ketika anda menurunkan berat badan adalah menggabungkan kedua hitungan tersebut, yaitu dengan meningkatkan TDEE lebih rajin dengan cara bergerak atau bisa juga berolahraga dan juga mengurangi kalori dengan cara mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Contoh, Seseorang yang punya gaya hidup yang kurangak aktif, hanya bekerja sepanjang hari di depan komputer maka rata-ratanya dia harus memiliki TDEE sebesar 1800 kalori per hari.

Baca Juga:  Tips Memesan Hotel Secara Langsung, Mudah Dan Praktis

Sementara itu, seorang yang mempunnyai gaya hidup yang aktif karena rutin olahraga dan juga banyak berjalan kaki, maka harus memiliki TDEE kira-kira sebesar 2.000 kalori per hari. Agar berat badan anda mengalami penurunan maka anda harus mengkonsumsi kalori di bawah angka TDEE anda.

Cara menghitung TDEE

Dengan anda mengetahui apa itu  angka TDEE, Maka Anda akan bisa menghitung estimasi dari jumlah kalori yang akan masuk ke dalam tubuh anda agar anda bisa menurunkan berat badan anda dengan sehat. Pada Saat ini, sudah banyak kalkulator TDEE yang tersedia secara online yang bisa Anda gunakan. Pada Hasil angka TDEE yang keluar, bisa anda dijadikan untuk patokan ketika mengatur pola makan dan menu harian yang akan anda makan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kucing Gemuk dan Sehat

Namun perlu juga anda ketahui bahwa angka TDEE untuk setiap orang bisa saja berbeda untuk setiap harinya, tergantung dari jumlah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang setiap harinya, jenis kelamin, dan juga berat badannya. Maka dari itu, Sebaiknya anda tidak melakukan pengukuran hanya satu kali saja, supaya Anda bisa mengetahui jumlah rata-ratanya.